Penerapan model mind mapping dalam peningkatan kemampuan mengarang siswa kelas V SDN Suruhan Kidul 2 Tulungagung / Nira Tri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model mind mapping dalam peningkatan kemampuan mengarang siswa kelas V SDN Suruhan Kidul 2 Tulungagung / Nira Tri Wulandari

Wulandari, Nira Tri (2011) Penerapan model mind mapping dalam peningkatan kemampuan mengarang siswa kelas V SDN Suruhan Kidul 2 Tulungagung / Nira Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci mengarang mind mapping Pembelajaran mengarang kelas V SDN Suruhan Kidul 2 Tulungagung guru masih terfokus pada pencapaian target materi banyak ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran sehingga siswa sangat sedikit yang memiliki kemampuan mengarang. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model mind mapping dalam meningkatkan kemampuan mengarang siswa kelas V SDN Suruhan Kidul 2 Tulungagung dan (2) peningkatan kemampuan mengarang dengan model mind mapping siswa kelas V SDN Suruhan Kidul 2 Tulungagung. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi tes dan dokumentasi yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel dianalisis dan ditarik kesimpulan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model mind mapping dapat meningkatkan hasil mengarang siswa kelas V SDN Suruhan Kidul 2 yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 65 siklus I sebesar 71 dan siklus II sebesar 78. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 36 8% siklus I sebesar 57 9% dan siklus II sebesar 84 2%. Nilai aktivitas siswa pada waktu pembelajaran juga meningkat nilai rata-rata ketuntasan pada siklus I sebesar 79% dan siklus II sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model mind mapping dilakukan dengan 3 tahap yaitu pratindakan siklus I dan siklus II dimana masing-masing siklus mellui beberapa langkah yaitu guru menjelaskan langkah membuat mind mapping siswa menuliskan konsep pengalamannya dengan mind mapping dan siswa mengarang berdasarkan mind mapping yang telah dibuat. Selain itu model mind mapping juga meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengarang siswa kelas V SDN Suruhan Kidul 2 Tulungagung. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan karakter siswa agar dapat meningkatkan hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103800

Actions (login required)

View Item View Item