Peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman melalui metode karya wisata di kelas V MI Ta'limusshibyan Karangpandan Rejoso Pasuruan / Fathur Rozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman melalui metode karya wisata di kelas V MI Ta'limusshibyan Karangpandan Rejoso Pasuruan / Fathur Rozi

Rozi, Fathur (2011) Peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman melalui metode karya wisata di kelas V MI Ta'limusshibyan Karangpandan Rejoso Pasuruan / Fathur Rozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis cerita metode karya wisata Sekolah Dasar (SD). Kemampuan menulis pada hakikatnya merupakan hasil dari sebuah proses. Dengan konsep dasar seperti ini maka kesempatan menulis akan diperoleh siswa melalui proses yaitu dengan pelatihan. Keterampilan menulis sangat dibutuhkan karena merupakan suatu ciri dari orang yang terpelajar atau bangsa yang terpelajar. Menulis dipergunakan oleh orang terpelajar untuk mencatat atau merekam melaporkan atau memberitahukan dan mempengaruhi. Maksud dan tujuan seperti itu hanya dapat dicapai dengan baik oleh orang-orang yang dapat menyusun pikiran dan mengutarakannya dengan jelas. Kejelasan ini tergantung pada pikiran organisasi pemakaian kata-kata dan struktur kalimat yang jelas. Berdasarkan hasil observasi di kelas V MI Ta limussibyan Karangpandan Rejoso Pasuruan ditemukan permasalahan kemampuan menulis siswa yang masih rendah. Salah satu penyebabnya diduga karena penggunaan metode pembelajaran dan bahan ajar yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan keterampilan menulis cerita pengalaman siswa kelas V melalui metode karya wisata (2) perilaku siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran menulis cerita pengalaman dengan metode karya wisata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Subyeknya 16 siswa kelas V MI Ta limussibyan Karangpandan Rejoso Pasuruan. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi lembar penilaian proses lembar penilaian kemampuan menulis tes dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan mengelompokkan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari instrumen penilaian proses dan wawancara sedangkan data kuantitatif diperoleh dari tes instrumen observasi dan penilaian kemampuan menulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Hal ini diketahui dari peningkatan kemampuan menulis siswa yang mencakup unsur cerita (tokoh latar alur) dan tata bahasa (ejaan tanda baca pengkalimatan) yang dinilai menggunakan deskripsi nilai kemampuan menulis. Siswa dikatakan tuntas jika memperoleh nilai minimal 70 berdasarkan deskripsi nilai tersebut. Dari 16 siswa yang tuntas pada pra tindakan sebanyak 3 atau 18 8% meningkat menjadi 9 atau 56 3% pada siklus 1 kemudian meningkat lagi menjadi 13 siswa atau 81 3% pada siklus 2. Secara keseluruhan peningkatan yang diperoleh mulai dari pra tindakan sampai tindakan siklus 2 sebesar 62 5% atau 10 siswa dari yang semula 3 siswa menjadi 13 siswa yang tuntas. Secara umum disimpulkan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas V melalui tahap-tahap dalam proses menulis yaitu menulis draft merevisi mengedit menulis jadi dan memajangnya. Disarankan kepada guru untuk menjadikan metode karya wisata sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan menulis di kelas V maupun di kelas yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103799

Actions (login required)

View Item View Item