Peningkatan pemahaman isi bacaan dengan media majalah anak di kelas IV SN Bendo 1 Kota Blitar / Emi Wiji Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman isi bacaan dengan media majalah anak di kelas IV SN Bendo 1 Kota Blitar / Emi Wiji Lestari

Lestari, Emi Wiji (2011) Peningkatan pemahaman isi bacaan dengan media majalah anak di kelas IV SN Bendo 1 Kota Blitar / Emi Wiji Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca pemahaman majalah anak sekolah dasar Kemampuan memahami isi bacaan berperan penting bagi keberhasilan siswa dalam mengikuti pelajaran. Pembentukan kemampuan membaca secara kritis dan kreatif dalam rangka pemahaman isi bacaan dapat dilakukan di kelas dengan menggunakan majalah anak. Memahami pentingnya keterampilan membaca bagi siswa maka hendaknya keterampilan membaca mendapatkan perhatian serius dari seluruh unsur pendidikan yang ada di sekolah. Namun kenyataanya pengajaran membaca di SDN Bendo 01 Kota Blitar kurang membantu siswa untuk menangkap dan memahami materi pelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi bosan putus asa dalam belajar dan bersikap masa bodoh terhadap hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan majalah anak yang dapat meningkatkan pemahaman isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Mendeskripsikan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan pada siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2010/2011 setelah digunakan majalah anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitiam Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Tagart. PTK termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang di kumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif dimana uraiannya bersifat deskriptif dalam bentuk kata-kata. Bentuk penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menceritakan kembali bacaan. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 44% siklus I 75% dan siklus II 94%. Hasil tersebut menunjukan adanya ketuntasan belajar pada pelaksanaan siklus kedua.Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan dua siklus kepada siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa maka peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan majalah anak dapat meningkatkan keterampilan menceritakan kembali bacaan dan keterampilan menjawab pertanyaan siswa kelas IV SDN Bendo 1 Kota Blitar Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103798

Actions (login required)

View Item View Item