Peningkatan keterampilan menulis paragraf melalui model pembelajaran picture and picture siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kademangan Blitar / Umi Zulai'in - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis paragraf melalui model pembelajaran picture and picture siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kademangan Blitar / Umi Zulai'in

Zulai'in, Umi (2011) Peningkatan keterampilan menulis paragraf melalui model pembelajaran picture and picture siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kademangan Blitar / Umi Zulai'in. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci menulis paragraf Picture and Picture sekolah dasar Menulis paragraf merupakan bagian dari kegiatan mengarang. Oleh sebab itu keterampilan menulis paragraf harus diterampilkan dulu sebelum menulis karangan. Namun kenyataan di lapangan siswa langsung diberi tugas mengarang tanpa diterampilkan dulu menulis paragraf. Selain itu guru tidak menerapkan model pembelajaran inovatif sehingga pembelajaran membosankan bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran menulis paragraf siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kademangan Blitar dan peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kademangan Blitar melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kademangan Blitar. Teknik pengumpulan data melalui observasi tes tertulis angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualiatitatif dengan langkah reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat berjalan baik dan dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kademangan Blitar terbukti hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal dari 30% pratindakan menjadi 80% pada siklus I dan 90% pada siklus II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas IV SDN Plosorejo 01 Kademangan Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103797

Actions (login required)

View Item View Item