Penggunaan model pembelajaran guided note taking untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas VC SDN Bareng 3 Kota Malang / Ardan Herenana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran guided note taking untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas VC SDN Bareng 3 Kota Malang / Ardan Herenana

Herenana, Ardan (2011) Penggunaan model pembelajaran guided note taking untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS siswa kelas VC SDN Bareng 3 Kota Malang / Ardan Herenana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model Guided Note Taking proses dan hasil belajar IPS SD Hasil observasi menunjukkan guru belum melengkapi instrumen pembelajaran. Pembelajaran dilakukan dengan ceramah dan tanya jawab. Akibatnya sewaktu pembelajaran para siswa kurang dapat berkonsentrasi dan tidak antusias pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan serta hasil belajar IPS KD 2.4 dengan model pembelajaran Guided Note Taking pada siswa kelas VC SDN Bareng 3 Kota Malang. Pembelajaran IPS model Guided Note Taking adalah suatu proses/kegiatan yang berkaitan dengan upaya membelajarkan siswa oleh guru di kelas. Pembelajaran menggunakan handout sumber belajar media dan metode belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC SDN Bareng 3 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) Observasi (2) tes dan (3) dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 tahapan yakni (1) reduksi data (2) display/ penyajian data dan (3) pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dilaksanakan dengan sangat baik. Hal ini dilihat dari rata-rata proses selama penelitian mencapai 88 46. Pada siklus I pertemuan I rata-ratanya 82 14 meningkat menjadi 84 42 pada siklus I pertemuan II menjadi 88 36 pada siklus II pertemuan I dan menjadi 90 84 pada siklus II pertemuan II. Selain itu hasil belajar yang dicapai siswa sudah baik dengan rata-rata 78 2. Pada pra tindakan hasil belajar siswa didapat rata-rata 69 58 meningkat menjadi 72 69 pada siklus I pertemuan I menjadi 74 87 pada siklus I pertemuan II menjadi 82 16 pada siklus II pertemuan I dan kembali meningkat menjadi 91 70 pada siklus II pertemuan II. Pembelajaran dimulai dengan membentuk siswa berkelompok lalu diberi handout dan dijelaskan bahwa titik-titik pada handout memang disengaja untuk diisi siswa berdasarkan ceramah guru lalu dibahas dalam kelompok. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi perwakilan kelompok dengan ditanggapi kelompok lain. Guru memberi penguatan hasil kerja siswa dan menyemangati yang belum berpartisipasi. Guru memberi kesempatan bertanya pada siswa yang bingung. Saran yang diberikan peneliti hendaknya guru melengkapi instrumen yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Selain itu model pembelajaran yang ada hendaknya diterapkan dan dikembangkan guna memaksimalkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103796

Actions (login required)

View Item View Item