Sucahyono, Dwi (2011) Penerapan media nyata untuk mengatasi kesalahan konsep IPA pada materi gaya terapung, tenggelam dan melayang dalam air di kelas IV SD Negeri Oro-oro Dowo Kecamatan Klojen Kota Malang / Dwi Sucahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci media nyata kesalahan konsep gaya terapung tenggelam dan melayang. Penelitian tindakan kelas ini didasari oleh adanya kesalahan konsep pada kelas IV SDN Oro-oro Dowo yaitu pada materi gaya terapung tenggelam dan melayang. Data diperoleh dari pratindakan yang dilakukan oleh peneliti. Adapun rincian data tersebut sebagai berikut. Kesalahan konsep terapung pada soal no 1 2 3 4 5 6 7 10 15 dan 20 secara runtut sebesar 84 21% 18 42% 93 36% 65 78% 92 1% 97 36% 7 89% 94 73% 98 42% dan 92 1%. Pada soal mengenai konsep tenggelam tertera kesalahan konsep pada no 8 14 16 17 18 19 dan 20 secara runtut adalah 44 73% 44 73% 47 36% 55 26% 5 26% 94 73% dan 92 1%. Selanjutnya pemahaman soal konsep melayang yang terdapat pada no 9 11 12 13 dan 20 secara runtut sebesar 23 68% 36 84% 86 84% 73 68% dan 92 1% dapat disimpulkan bahwa kesalahan konsep terapung tenggelam dan melayang sangat besar sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesalahan konsep yang terjadi pada siswa dengan memakai media nyata menemukan metode yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman materi terapung tenggelam dan melayang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas.Pengumpulan data mengenai penelitian ini diperoleh dari hasil pratindakan dan hasil tes evaluasi siklus I dan siklus II serta dokumen berupa foto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode praktikum. Hasil penelitian penerapan pembelajaran dengan media nyata untuk mengatasi miskonsepsi ini berhasil menurunkanya dari awal pratindakan sampai siklus 2 dengan paparan data sebagi berikut. pada soal no 1 2 3 4 5 6 7 10 15 dan 20 diperoleh data 21 05% 5 27% 18 42% 15 15% 42 1% 41 47% 2 63% 44 74% 15 79% dan 28 95%. Gaya tenggelam dideskripsikan penurunannya secara runtut pada no no 8 14 16 17 18 19 dan 20 adalah 7 89% 10 52% 20 68% 13 15% 2 63% 34 21% dan 28 95%. Sedangkan gaya melayang pada no 9 11 12 13 dan 20 dirinci sebagai berikut. 2 63% 0% 34 21%. 18 42% dan 28 95% Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil dalam menerapkan media nyata dalam pembelajaran meningkatkan pemahaman konsep dan meningkatkan hasil belajar khususnya pada materi gaya terapung tenggelam dan melayang. dari keberhasilan tersebut Penelitian juga disarankan untuk selalu menyiapkan semua yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar dengan media nyata ini dengan sempurna agar penyampaian materi dapat terlaksana dengan baik dan mempercepat pemahaman siswa mengenai materi yang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |