Peningkatan kemampuan membaca teks bacaan melalui model pakem di kelas III SDN Talun 03 Kabupaten Blitar / Meiditya Fitri Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca teks bacaan melalui model pakem di kelas III SDN Talun 03 Kabupaten Blitar / Meiditya Fitri Wardhani

Wardhani, Meiditya Fitri (2011) Peningkatan kemampuan membaca teks bacaan melalui model pakem di kelas III SDN Talun 03 Kabupaten Blitar / Meiditya Fitri Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci membaca teks bacaan model PAKEM Pembelajaran membaca teks bacaan di kelas III SDN Talun 03 Kabupaten Blitar hanya diberikan sekilas yaitu guru membaca dan siswa menyimak. Selan-jutnya guru memberi tugas membaca dan soal. Tidak adanya pemberian materi menyebabkan banyak siswa mendapat nilai di bawah KKM yang ditetapkan (75). Penelitian ini membahas permasalahan yaitu (1) bagaimanakah penerapan model PAKEM untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bacaan di kelas III SDN Talun 03 Kabupaten Blitar dan (2) bagaimanakah peningkatan kemam-puan membaca teks bacaan melalui model PAKEM di kelas III SDN Talun 03 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kua-litatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan taha-pan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) re-fleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PAKEM dapat mening-katkan hasil membaca teks bacaan siswa kelas III SDN Talun 03 Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 63 siklus I 74 dan si-klus II 85 . Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 25% siklus I sebesar 75% dan siklus II 95%. Nilai aktivitas siswa pada waktu pembelajaran juga me-ningkat nilai rata-rata ketuntasan pada siklus I sebesar 70% dan siklus II 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model PAKEM dapat meningkatkan hasil membaca teks bacaan siswa ke-las III SDN Talun 03 Kabupaten Blitar. Oleh karena itu guru disarankan untuk menerapkan model PAKEM sebagai model pembelajaran di kelas rendah seperti kelas III.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103791

Actions (login required)

View Item View Item