Upaya peningkatan pembelajaran IPA kelas V melalui penerapan model VAK di SDN Merjosari 1 Malang / Retno Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan pembelajaran IPA kelas V melalui penerapan model VAK di SDN Merjosari 1 Malang / Retno Kartikasari

Kartikasari, Retno (2011) Upaya peningkatan pembelajaran IPA kelas V melalui penerapan model VAK di SDN Merjosari 1 Malang / Retno Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran IPA Model VAK. Berdasarkan observasi awal di SDN Merjosari 1 Malang yang dilakukan tanggal 17 Februari 2011 menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih sering dilakukan dengan metode ceramah dan penugasan. Saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang melakukan aktivitas diluar pembelajaran seperti bicara dengan teman mengantuk melamun bertopang dagu dan beberapa kali melihat jam dinding. Rerata hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 45 16% siswa belum memenuhi SKM sebesar 60 yang ditetapkan oleh sekolah. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian dengan melakukan penerapan model pembelajaran VAK (Visual Auditory Kinestetik). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model VAK. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Kedua siklus tersebut dilakukan berdasarkan pada kompetensi dasar. Setiap pertemuan dalam pembelajaran terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Standar Kompetensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model VAK pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN Merjosari 1 Malang dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perolehan keberhasilan guru dalam menerapkan model VAK pada siklus I pertemuan 1 sebesar 80 pertemuan 2 yaitu 90 kemudian meningkat di siklus II yaitu pada pertemuan 1 sebesar 95 dan pertemuan 2 yaitu 95. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 65 pertemuan 2 sebesar 73 dan disiklus II pertemuan 1 sebesar 82 pertemuan 2 sebesar 85. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 67 05 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 59% sedangkan di siklus II rata-rata meningkat menjadi 71 98 dengan persentase ketuntasan sebesar 87 09%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model VAK dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Merjosari 1 Malang.Untuk itu disarankan agar guru menerapkan model VAK dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103790

Actions (login required)

View Item View Item