Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran yurisprudensi inkuiri di kelas V SDN Banyakan 1 Kabupaten Kediri / Asri Indria Hapsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran yurisprudensi inkuiri di kelas V SDN Banyakan 1 Kabupaten Kediri / Asri Indria Hapsari

Hapsari, Asri Indria (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran yurisprudensi inkuiri di kelas V SDN Banyakan 1 Kabupaten Kediri / Asri Indria Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar PKn yurisprudensi inkuiri Sering muncul anggapan bahwa pembelajaran PKn kurang menarik dan monoton sehingga siswa merasa bosan dan tidak antusias saat mengikuti pembelajaran yang akhirnya berpengaruh pada rendahnya hasil belajar siswa. Model pembelajaran yurisprudensi inkuiri memberi kesempatan siswa untuk berpikir kritis dalam menyikapi sebuah masalah serta mampu mengungkapkan ide-ide dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran yurisprudensi inkuiri dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN Banyakan 1 Kabupaten Kediri (2) Apakah penerapan model pembelajaran yurisprudensi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas V SDN Banyakan 1 Kabupaten Kediri Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru SD. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Banyakan 1 Kabupaten Kediri dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pratindakan 63 dan ketuntasan belajar klasikal 26% kemudian pada siklus I pertemuan 1 rata-rata hasil belajar 66 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 41%. Karena belum mencapai standar ketuntasan belajar klasikal yang ditentukan maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II pertemuan 2 diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 71 dengan ketuntasan belajar klasikal 78% sedangkan siklus II pertemuan 2 rata-rata hasil belajar siswa menjadi 85 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%. Pembelajaran dinyatakan tuntas karena sudah melebihi standar ketuntasan belajar klasikal yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran yurisprudensi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Banyakan 1 Kab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103787

Actions (login required)

View Item View Item