Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran kreatif dan menyenangkan di kelas V SDN Mronjo 01 Kabupaten Blitar / Muhamad Khoirur Rifai - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran kreatif dan menyenangkan di kelas V SDN Mronjo 01 Kabupaten Blitar / Muhamad Khoirur Rifai

Rifai, Muhamad Khoirur (2011) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui pembelajaran kreatif dan menyenangkan di kelas V SDN Mronjo 01 Kabupaten Blitar / Muhamad Khoirur Rifai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ata kunci membaca pemahaman teks tari bambu Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tertulis. Guru sering menekankan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menekankan pembelajaran menulis dan berbicara. Oleh sebab itu guru juga harus mengingatkan siswa bahwa kemampuan membaca pemahaman berhungan erat dengan kemampuan berbahasa yang lain misalnya menyimak berbicara dan menulis. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kreatif dan menyenangkan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kelas V SDN Mronjo 01 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan penggunaan pembelajaran kreatif dan menyenangkan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kelas V SDN Mronjo 01 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mronjo 01 Kabupaten Blitar pada kelas V karena sebagian besar siswa kurang mampu memahami materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran kelas V dapat diketahui tingkat pemahaman siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil tes menunjukkan hanya 5 siswa yang sudah mencapai KKM dari 12 siswa. Hal ini berarti hanya 41 6% siswa yang tuntas belajar. Setelah penerapan pembelajaran kreatif dan menyenangkan dengan menggunakan metode tari bambu pemahaman siswa pada observasi awal adalah 41 6% atau 5 anak. Setelah diterapkannya pembelajaran kreatif dan menyenangkan dengan menggunakan metode tari bambu tingkat pemahaman siswa yang dicapai pada siklus I adalah 58 3%. Sedangkan pada siklus ke II mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kreatif dan menyenangkan dengan menggunakan metode tari bambu dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa. Dengan demikian guru hendaknya dapat menerapkan metode pembelajaran inovatif seperti tari bambu sehingga keterampilan siswa menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103783

Actions (login required)

View Item View Item