Penggunaan media batang cuisenaire untuk meningkatkan hasil belajar konsep penjumlahan pecahan siswa kelas IV SD Negeri Oro-oro Dowo Kota Malang / Rima Ernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media batang cuisenaire untuk meningkatkan hasil belajar konsep penjumlahan pecahan siswa kelas IV SD Negeri Oro-oro Dowo Kota Malang / Rima Ernawati

Ernawati, Rima (2011) Penggunaan media batang cuisenaire untuk meningkatkan hasil belajar konsep penjumlahan pecahan siswa kelas IV SD Negeri Oro-oro Dowo Kota Malang / Rima Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media Batang Cuisenaire Hasil belajar Konsep penjumlahan pecahan. Guru merupakan faktor utama yang memiliki peranan sebagai pengelola dan pengembang pembelajaran yang dituntut aktif dan kreatif dalam menerapkanmodel dan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil tes pra tindakan ditentukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang menunjukkan prosentase ketuntasan 42 42% selain itu aktivitas siswa pada saat pembelajaran cenderung ramai sendiri. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan penggunaan media batang cuisenaire yang dapat meningkatkan hasil belajar konsep penjumlahan pecahan siswa kelas IV SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa setelah diterapkan penggunaan media batang cuisenaire (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan penggunaan media batang cuisenaire Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang. Subyek penelitian ini siswa kelas IV sebanyak 34 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi pedoman aktivitas guru pada saat pembelajaran pedoman penilaian aktivitas siswa dan soal evaluasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kualitatif yang meliputi mereduksi data memaparkan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian penerapan penggunanaan media batang cuisenaire ini dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil aktivitas siswa yang meningkat yaitu pada siklus I prosentase mencapai 59 37% sedangkan pada siklus II peningkatan mencapai prosentase 93 75%. Selain itu hasil evaluasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada hasil pra tindakan prosentase ketuntasan mencapai 42 42% pada siklus I peningkatan mencapai prosentase 75% dan pada siklus II peningkatan mencapai prosentase 96 97%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu melalui penggunaan media batang cuisenaire pada konsep penjumlahan pecahan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Oro-Oro Dowo Kota Malang. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan agar guru menggunakan media yang dapat dimanipulasi siswa dalam menanamkan suatu konsep. Bagi peneliti lain selanjutnya dapat memberi informasi wawasan serta dapat meningkatkan lagi hasil dari penelitian ini dan pada penelitian tentang penggunaan media batang cuisenaire dapat terlaksana lebih sempurna lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103782

Actions (login required)

View Item View Item