Sari, Nany Puspita (2011) Penerapan metode tanya jawab (question answer) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Bareng 5 Malang / Nany Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Metode tanya jawab (question answer) hasil belajar PKn SD. Pembelajaran PKn di SDN masih menggunakan pembelajaran yang masih tradisional. Dalam pembelajaran guru sering menggunakan metode ceramah saja Dengan demikian pembelajaran masih didominasi oleh guru dan dalam penyampaian materi pelajaran sedangkan siswa hanya dituntut untuk mendengarkan secara tertib dan tenang tanpa terlibat langsung dalam pembelajaran tesebut. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses penerapan metode tanya jawab (question answer) pada mata pelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bareng 05 Malang. (2)Mendeskripsikan penerapan metode tanya jawab (question answer) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bareng 05 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari atas tahapan perencanaan pelaksanaan observasi refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan 29 siswa kelas V SDN Bareng 5 Malang. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi wawncara dan tes. Intrument yang di gunakan yaitu test wawancara alat penilaian aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen Kabupaten Malang mengalami peningkatan dari siklus I menjadi 58 82 dan pada siklus II 83 27 dari hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan setelah menggunakan metode tanya jawab (Question answer). Peningkatan hasil belajar siswa SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen Kabupaten Malang pada mata pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) perlu peningkatan lagi melalui upaya-upaya yang berkesinambungan. Saran untuk guru yaitu agar guru dapat menerapkan model pembelajaran tanya jawab (Question answer) pada mata pelajaran PKn. Model pembelajaran ini dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga dapat menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |