Using picture cues to improve the eight grade students' speaking skill in SMPN 09 Malang / Nabela Agata Antonio - Repositori Universitas Negeri Malang

Using picture cues to improve the eight grade students' speaking skill in SMPN 09 Malang / Nabela Agata Antonio

Antonio, Nabela Agata (2017) Using picture cues to improve the eight grade students' speaking skill in SMPN 09 Malang / Nabela Agata Antonio. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antonio Nabela Agata. 2017. Using Picture Cues to Improve the Eighth Grade Students Speaking Skill in Junior High School 9 Malang. Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Sri Rachmajanti. Dip. TESL M.Pd (2) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A Kata Kunci speaking skill picture cues recount text. Berbicara merupakan salah satu dari empat keterampilan dalam bahasa inggris yang memerankan pernanan penting dalam berkomunikasi. Mengingat tujuan dari mempelajari bahasa lain adalah agar mampu berkomunikasi dengan orang lain menguasai keterampilan berbicara merupakan hal yang penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dari murid kelas delapan di SMPN 09 Malang karena selama masa observasi peneliti menemukan bahwa kemampuan berbicara dan motivasi murid kelas 8 dalam belajar bahasa inggris rendah. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan berkolaborasi dengan guru Bahasa Inggris di SMPN 09 Malang. Sebagai pengamat guru terlebih dahulu dilatih oleh peneliti. Selain itu selama tahap perencanaan peneliti membuat skenario pembelajaran bersama dengan guru bahasa Inggris Terdapat 4 tahap dalam metode ini yaitu perencanaan pengaplikasian observasi dan refleksi. Di dalam skenario pembelajaran terhadap 3 tahap yang peneliti gunakan. Tahap tersebut adalah pre-activities whilst activities dan post activities. Subjek dari penelitian ini merupakan murid kelas 8 SMPN 09 Malang pada semester kedua tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 32 siswa. Peneliti menggunakan 4 jenis alat untuk menumpulkan data yaitu catatan lapangan angket siswa lembar observasi dan tes berbicara. Penelitian ini dikategorikan berhasil apabila 75% siswa mampu mencapai nilai kriteria minimal ketuntasan yakni 75. Penemuan dari penelitian ini menunjukkan peningkatan dari kemampuan berbicara siswsa. Hal ini dibuktikan dengan jumlah siswa yang mampu mencapai kriteria minimal ketuntasan yakni 75. Selain itu respon siswa baik dalam bentuk partisipasi siswa di dalam kelas dan pendapat siswa terhadap penggunaan picture cues dalam pemelajaran bahasa inggris juga menunjukkan hasil yang baik. Siswa menyukai penggunaan picture cues dalam pembelajaran bahasa inggris dikarenakan hal ini mampu membantu siswa untuk lebih memahami materi dengan baik dan meningkatkan kepercayaan diri siswa. Media ini juga membantu siswa dalam berbicara bahasa inggris dengan lancar dan pengucapan yang benar. Maka dari itu direkomendasikan kepada guru bahasa inggris untuk bisa menggunakan picture cues dalam pembelajaran bahasa inggris terutama dalam pengajaran keterampilan berbicara. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan bisa melakukan penelitian dengan menggunakan picture cues pada keterampilan dan materi yang lain. Selain itu peneliti juga berharap agar peneliti selanjutnya bisa menerapkan penelitian di tingkat pendidikan yang berbeda baik di sekolah dasar maupun di sekolah menengah atas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10378

Actions (login required)

View Item View Item