Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui penerapan memory-spiel pada siswa kelas IV SDK Marga Bhakti Malang / Brigita Vigara Dista - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui penerapan memory-spiel pada siswa kelas IV SDK Marga Bhakti Malang / Brigita Vigara Dista

Dista, Brigita Vigara (2011) Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui penerapan memory-spiel pada siswa kelas IV SDK Marga Bhakti Malang / Brigita Vigara Dista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Memory Spiel Penguasaan Kosakata. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas IV terdapat beberapa faktor penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari kosakata dalam pembelajaran bahasa Inggris yaitu (1) siswa kurang berminat mempelajari bahasa Inggris karena terlalu banyak kosakata yang harus dihafal (2) kejenuhan siswa terhadap media yang ada serta (3) kesulitan siswa berkomunikasi karena penguasaan kosakata yang mereka kuasai kurang. Berdasarkan data yang diperoleh sebelum tindakan diketahui terdapat 10 siswa tidak tuntas dalam tes sebelum tindakan dan 16 siswa dinyatakan tuntas dalam tes sebelum tindakan. Prosentase ketuntasan data sebelum tindakan yaitu 61 53%. Sebagian besar siswa masih kurang dari SKM (Standar Ketuntasan Minimum) yang ditetapkan oleh SDK Marga Bhakti Malang yaitu 59. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan permainan Memory Spiel dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa kelas IV SDK Marga Bhak Malang (2) mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui penerapan permainan Memory Spiel. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Marga Bhakti Malang yang berjumlah 26 siswa dengan rincian 15 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket tes observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Memory Spiel dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan dari prosentase perolehan nilai siswa sebelum tindakan yaitu 61 53% dan tes penguasaan kosakata sesudah tindakan siklus I sebesar 73 07%. Pada siklus II juga terlihat peningkatan sebesar 88 46%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Penerapan Memory-Spiel dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris ini dilakukan dengan baik Memory Spiel dapat membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui permainan. Dalam pembelajaran siswa tidak hanya bisa menghafal kosakata akan tetapi mereka juga bisa melatih ingatan otak melalui permainan Memory Spiel. Memory-Spiel juga dapat meningkatkan minat siswa untuk lebih bersemangat mempelajari penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal tersebut dapat diketahui dari peningkatan pada pra tindakan dan siklus I. Penguasaan kosakata siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar maka dilakukan siklus II. Penguasaan kosakata dari siklus II dinyatakan telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sehingga penelitian dianggap sudah cukup. Dari hasil penlitian ini diharapkan (1) bagi guru bahasa Inggris disarankan untuk Memory Spiel sebaiknya dikembangkan pada materi lain dan lebih kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran dengan tetap memperhatikan variasi dan kebutuhan di lapangan. (2) bagi peneliti yang akan datang semoga hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai petunjuk dan pertimbangan untuk penelitian yang lain dalam bidang yang sama yaitu penelitian tentang media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103778

Actions (login required)

View Item View Item