Penerapan model pembelajaran rotating trio exchange untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas 4 SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang / Tito Santana Eriza - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran rotating trio exchange untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas 4 SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang / Tito Santana Eriza

Eriza, Tito Santana (2011) Penerapan model pembelajaran rotating trio exchange untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas 4 SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang / Tito Santana Eriza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Rotating Trio Exchange Pembelajaran IPA Berdasarkan hasil observasi awal yang diperoleh temuan bahwa pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang masih rendah hal ini disebabkan karena metode pembelajaran menarik dan menyenangkan sehingga siswa saat belajar kelompok cenderung memilih teman yang mempunyai kemampuan akademik baik serta hasil belajar siswa tidak memenuhi standar ketuntasan minimal. Untuk itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan berkembang sikap ilmiahnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan aktivitas belajar IPA dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang pada pembelajaran dengan model Rotating Trio Exchange. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini PTK dengan model kolaboratif partisipatoris. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan pembelajaran siswa kelas IV SDN Kidul Dalem 2 Kota Malang. Keaktifan siswa pada siklus I sebesar 83 43% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90 75% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I pertemuan ke-1 siswa yang tuntas belajar sebanyak 2 siswa atau 6 67% pada siklus I pertemuan ke-2 siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa atau 60% pada siklus II pertemuan ke-1 siswa yang tuntas belajar sebanyak 17 siswa atau 56 67% pada siklus II pertemuan ke-2 siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa atau 86 67 %. Saran bagi guru sebaiknya guru menggunakan model Rotating Trio Exchange ini sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi kepala sekolah sebaiknya model Rotating Trio Exchange ini digunakan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama dalam pembelajaran dikelas. Bagi peneliti lain atau guru jika ingin mengembangkan model pembelajaran IPA yang efektif dalam meningkatkan rasa kebersamaan dan suasana yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103777

Actions (login required)

View Item View Item