Penggunaan media alphabet card untuk meningkatkan aktivitas belajar membaca siswa kelas I di SDN Arjosari 01 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Anelia Yuniandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media alphabet card untuk meningkatkan aktivitas belajar membaca siswa kelas I di SDN Arjosari 01 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Anelia Yuniandari

Yuniandari, Anelia (2011) Penggunaan media alphabet card untuk meningkatkan aktivitas belajar membaca siswa kelas I di SDN Arjosari 01 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang / Anelia Yuniandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media Alphabet Card hasil belajar Membaca SD. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas I SDN Arjosari 01 Malang pada waktu pembelajaran Bahasa Indonesia didapatkan fakta bahwa pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi siswa terlihat kurang aktif dan banyak yang mengantuk. Dari nilai siswa pada materi bahan penyusun benda menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 60.00 dengan ketuntasan kelas 25% sedangkan SKM yang ditentukan adalah 72.00 untuk hasil belajar dan 65% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran Alphabet Card. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Alphabet Card yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa (2) mendeskripsikan peningkatan hasil siswa melalui penggunaan media pembelajaran Alphabet Card. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Problem Solving dan dengan media kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Arjosari 01 Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang. Dalam penelitian ini peneliti menjadi pengajar dan guru kelas sebagai observer. Pada siklus I pertemuan pertama hasil belajar individu pada pertemuan ini dari 16 siswa hanya 25% (4 siswa) yang telah tuntas dalam belajar membaca sedangkan sebagian besar siswa (75%) belum tuntas. Hal senada terlihat pada pertemuan 2 walaupun mengalami peningkatan pada rata kelasnya yaitu 62 tetapi keberhasilan kelasnya masih sama denganpertemuan 1 yaitu 25% saja. Dan pada siklus II pertemuan 1 telah terlihat peningkatan keberhasilan kelas yaitu 69% siswa telah tuntas belajar dan rata-rata kelas telah sampai pada KKM kelas yaitu 75. dan pada pertemuan 2 siklus 2 separo lebih siswa telah tuntas dalam belajar membaca hampir semua siswa telah lancar membaca kalimat sederhana dengan benar diperoleh hasil keberhasilan kelas sebesar 81% (13 siswa) telah memenuhi KKM yang ditentukan sedang 3 siswa (19%) belum mampu mencapai nilai 75. Untuk aktivitas guru juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam melakukan media pembelajaran Alphabet Card seharusnya guru melakukan persiapan yang matang dalam pembelajaran dan guru memberikan perhatian yang khusus dan terus memotivasi pada siswa yang memiliki tingkat kemampuan membaca yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103776

Actions (login required)

View Item View Item