Penerapan model pembelajaran rotating trio exchange (RTE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Malang / Reni Ika Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran rotating trio exchange (RTE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Malang / Reni Ika Puspita Sari

Sari, Reni Ika Puspita (2011) Penerapan model pembelajaran rotating trio exchange (RTE) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Malang / Reni Ika Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Keputusan Bersama. Berdasarkan observasi dan wawancara di kelas V-A diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn di kelas V-A tersebut. Permasalahan tersebut antara lain (1) siswa pasif dalam pembelajaran (2) siswa ada yang bermain sendiri pada saat pembelajaran (3) siswa terlihat bosan dan malas mengikuti pembelajaran (4) hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu peneliti menangani permasalahan yang ada dengan menerapkan model pembelajaran Rotating Trio Exchange dalam pembelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama pada kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange pada mata pelajaran PKn di kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Malang (2) mengetahui aktivitas belajar mata pelajaran PKn siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Malang dengan menerapkan model pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan (3) mengetahui hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Malang dengan menerapkan model pembelajaran Rotating Trio Exchange. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tersebut terdapat 2 siklus dengan acuan model siklus yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Pada setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan tindakan (planning) (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan dengan mengambil subyek penelitian yaitu siswa kelas V-A SDN Tanjungrejo 2 Malang yang berjumlah 45 siswa dengan rincian 29 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain melalui wawancara observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn kelas V-A. Hasil pengamatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu 86 pada siklus II meningkat menjadi 94. Hasil belajar rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73 dan meningkat pada siklus II menjadi 89. Sedangkan untuk ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 57% pada siklus IImeningkat menjadi 92%. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran kooperatif model Rotating Trio Exchange diterapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi peneliti lain dapat memperbaiki penelitian sebelumnya dan dapat menerapkan model pembelajaran Rotating Trio Exchange pada mata pelajaran dan kelas yang lainnya dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103775

Actions (login required)

View Item View Item