Pemanfaatan majalah dinding untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV di SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Nury Yuniasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan majalah dinding untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV di SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Nury Yuniasih

Yuniasih, Nury (2011) Pemanfaatan majalah dinding untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV di SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Nury Yuniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan menulis karangan deskripsi Pemanfaatan media pembelajaran majalah dinding Sekolah Dasar Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa selama ini pembelajaran menulis dilaksanakan secara tradisional. Pembelajaran tradisional mempunyai ciri-ciri menggunakan metode tunggal yaitu ekspositori dengan preaching method memposisikan guru sebagai pelaku utama dan siswa terposisikan sebagai peserta didik yang pasif. Dengan asumsi ingin memberi bekal materi sebanyak-banyaknya kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran majalah dinding pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang (2) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran majalah dinding untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Bareng 4 kota Malang (3) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran majalah dinding untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya aspek menulis siswa kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada pendapat Suharsimi Arikunto. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang dengan jumlah siswa 22 anak. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata pretes ke siklus I sebesar 27% dari siklus I ke siklus II sebesar 18% dengan ketuntasan belajar 82%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran majalah dinding dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Bareng 4 Kota Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat memanfaatkan media pembelajaran majalah dinding pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103772

Actions (login required)

View Item View Item