Penerapan model kreatif produktif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Plosoharjo II Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk / Andra Dewi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model kreatif produktif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Plosoharjo II Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk / Andra Dewi Lestari

Lestari, Andra Dewi (2011) Penerapan model kreatif produktif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Plosoharjo II Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk / Andra Dewi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci IPA Model Kreatif Produktif Aktivitas dan Hasil Belajar Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode ceramah dan pembalajaran yang berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa untuk melakukan percobaan diskusi kelompok serta membangun sendiri pengetahuan siswa terhadap materi yang dipelajari membuat siswa pasif dan kurang perhatian dalam belajar. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran cenderung pasif. Hasil belajar siswa rata-rata 59 75. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model kreatif produktif. Keunggulan model kreatif produktif yaitu siswa terlibat secara intelektual dan emosional mampu menemukan sendiri konsep yang sedang dikaji dilatih untuk bertanggung jawab dan memiliki rasa percaya diri dan dapat membangun pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model kreatif produktif dalam pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model kreatif produktif (3) hasil belajar IPA siswa setelah diterapkan model kreatif produktif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVsebanyak 20 siswa dengan 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Rancangan penelitian adalah PTK dalam bentuk kolaboratif. Pelaksanaan PTK meliputi empat tahapan yaitu (1) planning (2) acting (3) observing (4) reflecting. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran model kreatif poduktif lembar observasi aktivitas siswa soal tes lembar catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kreatif produktif untuk pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Plosoharjo II Nganjuk dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perolehan keberhasilan guru dalam penerapan model kreatif produktif pada siklus I yaitu 85 61 dan meningkat pada siklus II menjadi 92 28. Aktivitas siswa meningkat siklus I diperoleh 55 3 menjadi 80 6 pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 68 61 dan ketuntasan kelas 55 56% pada siklus I menjadi rata-rata 85 05dan ketuntasan kelas mencapai 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan dalam melakukan model pembelajaran kreatif produktif ini hendaknya guru mempersiapkan dengan matang semua perangkat pembelajaran. Hal ini dikarenakan agar mudah mengorganisasikan kelas sehingga dapat memfasilitasi siswa untuk belajar dengan aktif . Bagi peneliti lain yang sejenis apabila melakukan penelitian dengan menggunakan model kreatif produktif hendaknya memperhatikan waktu selama pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103771

Actions (login required)

View Item View Item