Saputro, Gatut (2011) Penerapan model pembelajaran index card match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Begendeng 3 Kabupaten Nganjuk / Gatut Saputro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci IPA model index card match hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi pada kelas III SDN Begendeng 3 Nganjuk pada pembelajaran IPA didapatkan fakta bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru masih menggunakan metode pembelajaran klasik dalam membelajarkan siswa yaitu hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas sehingga siswa sekedar menjadi pendengar pasif selama proses belajar mengajar berlangsung. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Dilihat dari nilai siswa pada materi kenampakan permukaan bumi menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 54 dengan ketuntasan kelas hanya mencapai 25 % sedangkan SKM yang ditentukan adalah 65 untuk hasil belajar dan 75% untuk ketuntasan kelas. Untuk itu agar dapat meningkatkan pembelajaran IPA perlu diadakan perbaikan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran index card match. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) penerapan model pembelajaran index card match untuk meningkatkan pembelajaran IPA (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran index card match (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran index card match. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran lembar observasi aktivitas siswa soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran index card match untuk pembelajaran IPA siswa kelas III SDN Begendeng 3 dengan kompetensi dasar Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perolehan skor aktivitas siswa selama pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran index card match. Pada siklus I diperoleh skor 66 95 meningkat menjadi 84 71 pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata 59 2 dan ketuntasan kelas 58 33% pada siklus I menjadi rata-rata 70 83 dan ketuntasan kelas mencapai 83 33% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran index card match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Begendeng 3 Kabupaten Nganjuk. Disarankan dalam melakukan model pembelajaran index card match ini hendaknya guru mempersiapkan dengan matang. Agar mudah dalam mengkondisikan dan mengorganisasikan kelas dengan baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |