Penerapan model pembelajaran problem based introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Nora Muliyandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Nora Muliyandari

Muliyandari, Nora (2011) Penerapan model pembelajaran problem based introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Nora Muliyandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model pembelajaran problem based introduction (PBI) hasil belajar mata pelajaran IPA Proses pembelajaran IPA menghendaki pengajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran pengalaman langsung dan berpikir kritis terhadap masalah yang terjadi di sekitarnya sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran di kelas IV-A SDN Purwantoro 2 Malang nilai sebelum diterapkannya model PBI menunjukkan bahwa dari 28 siswa yang mendapatkan nilai diatas 68 hanya 11 anak (40%) sedangkan yang dibawah SKM sebanyak 17 anak (60%). Ketercapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran IPA kurang begitu tampak. Serta penilaian terhadap proses belajar sering diabaikan setidaknya-tidaknya kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan penilian hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PBI peningkatan proses dan hasil belajar setelah menggunakan model PBI. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV-A SDN Purwantoro 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penilaian proses didapatkan dari keaktifan siswa kerjasama siswa keberanian siswa mengemukakan pendapat dan ketepatan dalam menyimpulkan. Penerapan model pembelajaran Problem Based introduction (PBI) pada mata pelajaran IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit siswa kelas IV-A SDN Purwantoro 2 Kota Malang pada siklus I mengalami beberapa kendala baik dialami oleh guru maupun siswa. Akan tetapi pada siklus-siklus guru maupun siswa berusaha secara maksimal untuk memperbaiki dan meningkatkan cara penerapan model Problem Based introduction (PBI ) pada proses pembelajarannya. Penerapan model pembelajaran Problem Based introduction (PBI) terhadap proses belajar siswa kelas IV-A SDN Purwantoro 2 Kota Malang dalam pembelajaran IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit dapat meningkat dari siklus I sampai siklus II. Siswa memperoleh nilai rata-rata nilai keaktifan pada siklus I sebesar 76 375 meningkat lagi pada siklus II sebesar 86 975. Penerapan model pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN Purwantoro 2 Kota Malang dalam pembelajaran IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit . Menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 67 5 pada observasi awal menjadi 79 24 pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat menjadi 88 4 sekitar 9 16%. Pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based introduction (PBI) ini mampu meningkat dengan baik. Apabila seorang peneliti lain ingin menerapkan model ini diharapkan bisa memperhatikan hal-hal atau kendala yang mempengaruhi pembelajaran tersebut. Dengan memotivasi siswa dalam bekerja dan memberikan penghargaan terhadap kelompok yang melakukan percobaan dengan benar..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103769

Actions (login required)

View Item View Item