Rohmawati, Aulia (2011) Penerapan strategi language experience approach (LEA) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana di kelas III SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang / Aulia Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Strategi Language Experience Approach (LEA) Kemampuan menulis. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas III SDN Tanjungrejo 2 kota Malang diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan antara lain (1) pembelajaran masih berpusat pada guru (2) kurangnya kemampuan siswa untuk mengembangkan ide dalam mengarang (3) dalam pembelajaran guru hanya mengacu pada buku teks atau LKS (4) Hasil nilai dalam menulis karangan masih rendah. Untuk itu perlu diadakan pembaharuan strategi pembelajaran yang baru agar siswa dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menulis karangan sederhana. Salah satu strategi pembelajaran yang sesuai adalah Strategi LEA yaitu pembelajaran baca tulis yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengungkapkan pengalaman berbahasa anak dan menuangkanya dalam bentuk karangan. Strategi LEA dapat menumbuhkan kemampuan anak dalam berbahasa siswa dengan urut sehingga dapat dibaca oleh orang lain dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan Strategi LEA (2) mendiskripsiakan peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana melalui penerapan Strategi LEA Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis Taggart. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang dengan jumlah siswa 46 anak. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Penerapan Strategi LEA di kelas III SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang Sebagai berikut (1) penjajakan (2) pembahasan (3) penulisan (4) penyempurnaan dan (5) pemanfaatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi LEA dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang. Nilai rata-rata menulis karangan siswa meningkat dari rata-rata pretes ke siklus I sebesar 13% dari siklus I ke siklus II sebesar 16% dengan ketuntasan belajar 96%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan Strategi LEA dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana kelas III SDN Tanjungrejo siswa kelas III SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang. Disarankan agar guru dapat menerapkan Strategi LEA karena dengan menggunakan Strategi ini anak akan lebih tertarik dalam pembelajaranya. Melaui pengalaman bahasanya Siswa dapat mengawali kegiatan menulis dengan rasa senang. Siswa dapat menuliskan apa yang dirasakan dipikirkan dan kemudian membaca apa yang dirasakan dan dipikirkanya sehingga pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |