Peningkatan kemampuan apresiasi cerpen dengan strategi aktivitas terbimbing pada siswa kelas V SDN Mergosono 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Muhammad Imamuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan apresiasi cerpen dengan strategi aktivitas terbimbing pada siswa kelas V SDN Mergosono 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Muhammad Imamuddin

Imamuddin, Muhammad (2011) Peningkatan kemampuan apresiasi cerpen dengan strategi aktivitas terbimbing pada siswa kelas V SDN Mergosono 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Muhammad Imamuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Peningkatan kemampuan apresiasi cerpen strategi aktivitas terbimbing Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulis serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Mergosono 4 Kota Malang tentang pembelajaran Bahasa Indonesia diketahui beberapa permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran di kelas tersebut diantaranya (1) guru menggunakan strategi pembelajaran secara individual dan kompetitif (2) pembelajaran apresiasi cerpen diawali dengan menyuruh siswa membuka bacaan cerpen di dalam buku paket kemudian menyuruh siswa membaca dan menjawab pertanyaan tentang cerpen yang dibacanya (3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V masih rendah nilai rata- rata kelasnya 58 dan ketuntasan belajar klasikal hanya 30% padahal standar yang ditetapkan adalah 75%. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang penerapan strategi aktivitas terbimbing dalam meningkatkan kemampuan apresiasi cerpen pada siswa kelas V SDN Mergosono 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengapresiasi cerpen pada siswa kelas V SDN Mergosono 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif partisipatoris dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas V SDN Mergosono 4 Kota Malang. Dalam penelitian ini peneliti dibantu dengan teman sejawat yang merupakan wali kelas V.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Analisis data pada aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa dan analisis hasil belajar siswa diperoleh melalui penskoran hasil tes. Hasil penelitian dengan penerapan strategi aktivitas terbimbing menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan rata-rata dari 58 pada observasi awal menjadi 65 pada siklus I dan meningkat menjadi 70 pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan di tiap siklus baik individu maupun klasikal dan siswa terlihat lebih antusias selama pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil adalah dengan menggunakan strategi aktivitas terbimbing dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerpen. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan strategi aktivitas terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103767

Actions (login required)

View Item View Item