Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar pada siswa di kelas IV SDN Kedungbanteng 02 Bakung Kabupaten Blitar / Ria Rustiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar pada siswa di kelas IV SDN Kedungbanteng 02 Bakung Kabupaten Blitar / Ria Rustiana

Rustiana, Ria (2011) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media gambar pada siswa di kelas IV SDN Kedungbanteng 02 Bakung Kabupaten Blitar / Ria Rustiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menulis deskripsi media gambar Menulis deskripsi mempunyai tujuan agar siswa dapat mengembangkan nalar dan imajinasinya serta ia peka terhadap lingkungan sekitarnya. Untuk terampil mengarang deskripsi dengan baik siswa memerlukan praktik dan latihan. Berdasarkan pengamatan dalam kegiatan pembelajaran mengarang deskripsi rendahnya keterampilan siswa kelas IV di SDN Kedungbanteng 02 Bakung Kabupaten Blitar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu (1) siswa kesulitan menuangkan idenya dalam bentuk tulisan. (2) kurangnya pemahaman siswa tentang pemilihan kosa kata yang tepat (3) minimnya perbendaharaan kata yang dimiliki oleh siswa (4) minimnya waktu untuk pembelajaran mengarang (5) lemahnya bimbingan guru dalam memberikan materi mengarang (6) guru belum menemukan metode yang tepat untuk memberikan memberikan materi menulis yang mudah diterima oleh siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penggunaan media gambar pada pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Kedungbanteng 02 Bakung Kabupaten Blitar. (2) Mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan mengarang deskripsi siswa kelas kelas IV SDN Kedungbanteng 02 Bakung Kabupaten Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif serta jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas..Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus minimal ada 2 kali tatap muka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara observasi dan tes. Teknik analisis data adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah digunakan media gambar terbukti ada peningkatan dalam ketuntasan pembelajaran Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini ditujukan kepada (1) guru (2) siswa (3) sekolah (4) peneliti (5) diknas (6) UPTD dan (7) KKG yaitu kiranya penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran menulis dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam pengadaan media pembelajaran karena terbukti efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis. Disamping itu media gambar juga dapat mengurangi kejenuhan siswa selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103765

Actions (login required)

View Item View Item