Peningkatan menganalisis unsur intrinsik cerpen melalui model student teams-achievement divisions (STAD) kelas V SDN Juwet II Kabupaten Kediri / Erna Yuliani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan menganalisis unsur intrinsik cerpen melalui model student teams-achievement divisions (STAD) kelas V SDN Juwet II Kabupaten Kediri / Erna Yuliani

Yuliani, Erna (2011) Peningkatan menganalisis unsur intrinsik cerpen melalui model student teams-achievement divisions (STAD) kelas V SDN Juwet II Kabupaten Kediri / Erna Yuliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci menganalisis unsur intrinsik cerpen model stad Hasil observasi menunjukkan bahwa masalah tentang menganalisis unsur intrinsik cerpen yang terjadi di SDN Juwet II dalam mengajar cerpen guru hanya menggunakan metode yang kurang variatif ceramah dan penugasan. Disamping itu guru mengajar tanpa menggunakan media pembelajaran akibatnya siswa merasa jenuh dan tidak ada antusias untuk belajar. Berdasarkan uraian tersebut tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model STAD dalam meningkatkan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas V dan mendeskripsikan dengan menerapkan model STAD dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas V serta mengorganisasikannya dengan anggota kelompok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan menganalisis unsur intrinsik cerpen pada siswa yaitu terbukti hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal dari 19% pada pratindakan siklus I menjadi 56 % sedangkan pada siklus II mencapai 88% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerpen melalui model STAD dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas V SDN Juwet II kabupaten Kediri oleh karena itu guru disarankan agar dalam meningkatkan menganalisis unsur intrinsik cerpen hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang lebih inovatif dan mengajak siswa lebih aktif seperti model pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103764

Actions (login required)

View Item View Item