Peningkatan hasil belajar jaring jaring kubus dan balok melalui model STAD di kelas IV SDN Tanjungrejo II Malang / Hangesti Widoretno - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar jaring jaring kubus dan balok melalui model STAD di kelas IV SDN Tanjungrejo II Malang / Hangesti Widoretno

Widoretno, Hangesti (2011) Peningkatan hasil belajar jaring jaring kubus dan balok melalui model STAD di kelas IV SDN Tanjungrejo II Malang / Hangesti Widoretno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci STAD jaring-jaring kubus dan balok Prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun masalah dari penelitian ini diantaranya (1) aktifitas pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah (2) Siswa merasa bosan dengan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi (1) Mendeskripsikan aktivitas pembelajaran model STAD untuk meningkatkan hasil belajar tentang jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo II Malang (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tentang jaring-jaring kubus dan balok pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo II Malang dengan menerapkan model STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interaktif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjungrejo II Malang yang berjumlah 22 siswa diantaranya 9 siswa putra dan 13 siswa putri. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian diantaranya lembar observasi guru dan siswa lembar pengamatan aktivitas siswa dan juga lembar wawancara. Hasil data dianalisis dan dijadikan sebagai hasil penelitian. Penerapan pembelajaran melalui model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan peningkatan sebesar 4 14% untuk hasil belajar siswa dan peningkatan 2 72% untuk aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dan selama diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pembelajaran Matematika melalui model STAD dapat dijadikan alternatif pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Tanjungrejo II Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model pembelajaran STAD pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103761

Actions (login required)

View Item View Item