Septiyani, Dwi Enggar (2011) Penerapan model talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang / Dwi Enggar Septiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model talking stick hasil belajar PKn SD Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran PKn kelas V di SDN Tanjungrejo 2 Malang diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn di kelas V. Permasalahan tersebut antara lain (1) rendahnya tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran (2) kurangnya kemampuan siswa untuk bertanya tentang materi yang dipelajari (3) ketika guru memberikan soal-soal latihan terdapat siswa yang duduk-duduk sambil tiduran tampak kurang bersemangat dan merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung (4) hasil nilai yang diperoleh siswa masih rendah (5) kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal tersebut disebabkan karena metode yang digunakan lebih banyak ceramah dan penugasan. Untuk itu perlu diadakan pembaharuan dalam hal model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model talking stick merupakan model pembelajaran bermain tongkat yaitu model pembelajaran yang dirancang untuk mengukur tingkat penguasaan materi pelajaran oleh siswa dengan menggunakan bantuan tongkat yang bertujuan mendorong siswa untuk berani mengungkapkan pendapat dimana tongkat dipindah secara estafet dari siswa satu ke siswa lainnya dengan diiringi musik atau lagu siswa yang memegang tongkat harus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model talking stick pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan model talking stick (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model talking stick. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Langkah Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang dengan jumlah siswa 46 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model talking stick pada pembelajaran PKn telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang. Hal ini dilihat dari perolehan rata-rata hasil belajar siswa yang terus meningkat mulai dari nilai rata-rata sebelumnya (62) mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata kelas sebesar (66) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (50%) meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata kelasnya sebesar (80) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (93%). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata kelas sebesar (64) meningkat pada siklus I pertemuan 2 dengan nilai rata-rata sebesar (69) meningkat pada siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata sebesar (78). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tanjungrejo 2 Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan variasi dalam pembelajaran dan dapat menerapkan model pembelajaran talking stick pada materi lain yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |