Peningkatan keterampilan menyimak cerita anak dengan menggunakan model snowball throwing pada siswa kelas VB SDN Purwodadi 1 Malang / Nanda Diajeng Pangastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menyimak cerita anak dengan menggunakan model snowball throwing pada siswa kelas VB SDN Purwodadi 1 Malang / Nanda Diajeng Pangastuti

Pangastuti, Nanda Diajeng (2011) Peningkatan keterampilan menyimak cerita anak dengan menggunakan model snowball throwing pada siswa kelas VB SDN Purwodadi 1 Malang / Nanda Diajeng Pangastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Keterampilan Menyimak Snowball Throwing Sekolah Dasar Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Purwodadi 1 Malang guru masih menggunakan metode konvensional dan siswa pasif selama pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pratindakan yaitu ada 3 orang siswa yang mendapatkan nilai sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model Snowball Throwing pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menyimak (2) peningkatan keterampilan menyimak Bahasa Indonesia setelah menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing di kelas V. Subyek dari penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK dalam bentuk kolaboratif partisipatoris. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) planning 2) acting observing 3) reflecting dan 4) revising planning. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes dalam bentuk lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing mendukung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran menggunakan model snowball Throwing terbukti dapat membuat siswa lebih aktif lebih bersemangat dalam belajar dan juga melatih kerjasama dalam suatu kelompok demi kepentingan kelompok. Selain itu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari banyaknya siswa yang telah mengalami peningkatan pada siklus 1. Sebelum diadakan siklus nilai siswa masih termasuk sangat kurang yaitu 54%. Pada saat sudah dilakukan siklus hasil yang didapat meningkat yaitu 67% pada pertemuan 1 dan 69% pada pertemuan 2. Pada saat pelaksanaan siklus 2 nilai siswa semakin meningkat yaitu 74% pada pertemuan 1 dan 76% pada pertemuan 2. Penerapan model Snowball Throwing terbukti meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai yang diperoleh siswa pada siklus 1 dan siklus 2. Jadi pada setiap siklus dan setiap pertemuan nilai yang diperoleh siswa semakin meningkat. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terbukti bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Purwodadi 1 Malang. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SD adalah untuk Kepala Sekolah agar memotivasi guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing. Untuk guru sebaiknya menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menyimak. Bagi peneliti lain mengingat penelitian ini masih terdapat kekurangan maka disarankan untuk mengkombinasikan penggunaan media pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103759

Actions (login required)

View Item View Item