Warni, Ericha Ayu Endahing (2011) Penerapan model reciprocal teaching untuk meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Kota Malang / Ericha Ayu EW. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci IPA model Reciprocal Teaching pembelajaran IPA Model Reciprocal Teaching merupakan prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan strategi kognitif siswa. Model Reciprocal Teaching mengajarkan empat aspek pemahaman spesifik yaitu membuat pertanyaan memprediksi mengklarifikasi dan merangkum Berdasarkan observasi awal di Kelas V SDN Pisang Candi 2 Kota Malang diketahui bahwa hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPA masih relatif rendah. Hal ini dapat dilihat dari Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan pada sekolah sebesar 60 dan dari 28 siswa terdapat 18 siswa yang tidak tuntas belajar dilihat dari hasil tes pra-tindakan yang diberikan oleh peneliti. Hasil belajar yang masih rendah ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode ceramah. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 Kota Malang Standar Kompetensi Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model dan kompetensi . Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk memaparkan penerapan model Reciprocal Teaching 2) memaparkan penerapan model Reciprocal Teaching untuk meningkatkan aktivitas siswa 3) untuk memaparkan penerapan model Reciprocal Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching) dapat meningkatkan 1) Penerapan model Reciprocal Teaching pada siklus I ke siklus II telah optimal karena karena siswa sudah terbiasa dengan model Reciprocal Teaching 2) aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 dapat dianalisis keaktifan siswa sebesar 68 % pada siklus I pertemuan ke-2 keaktifan siswa sebesar 77 5% pada siklus II pertemuan ke-1 keaktifan siswa sebesar 79% dan pada siklus II pertemuan ke-2 keaktifan siswa sebesar 78 3%. 3) hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 74 % dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu sudah mencapai 88%. Berdasarkan temuan tesebut disarankan kepada para guru untuk menggunakan Model Reciprocal Teaching sebagai satu alternative pembelajaran IPA. Kepada para siswa juga disarankan untuk menggunakan Model Reciprocal Teaching untuk melatih kemampuan pemahaman membaca mereka yang dapat dilakukan melalui kegiatan intra atau ekstra kurikuler. Selanjutnya bagi para peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian yang sama yang mencakup tingkat siswa yang lebih tinggi atau rendah sebagai subyek penelitian berikutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |