Pengembangan macromedia flash sebagai media pembelajaran IPA pokok bahasan susunan bumi siswa kelas V SDN Kasin Malang / Esti Septiana Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan macromedia flash sebagai media pembelajaran IPA pokok bahasan susunan bumi siswa kelas V SDN Kasin Malang / Esti Septiana Dewi

Dewi, Esti Septiana (2011) Pengembangan macromedia flash sebagai media pembelajaran IPA pokok bahasan susunan bumi siswa kelas V SDN Kasin Malang / Esti Septiana Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan macromedia flash media pembelajaran ipa sd Penggunaan media pembelajaran sebagai strategi dalam pembelajaran bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran dalam pendidikan. Media bukan hanya sebagai alat bantu guru melainkan juga sebagai penyalur pesan dan fungsi-fungsinya yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan macromedia flash sebagai media pembelajaran IPA pokok bahasan susunan bumi siswa kelas V SDN Kasin Malang. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan macromedia flash sebagai media pembelajaran IPA pokok bahasan susunan bumi siswa kelas V SDN Kasin Malang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseach and Development) dan jenis metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk. Desain pengembangan produk media pembelajaran ini memanfaatkan modifikasi dari langkah-langkah penelitian pengembangan yang dikemukakan Sugiyono terdiri dari mengidentifikasi potensi masalah pengumpulan data pengembangan media validasi media analisis data revisi media dan produksi media. Pengembangan produk menggunakan software macromedia flash 8. Pengambilan data uji coba validitas menggunakan instrumen berupa angket/kuisioner. Pengambilan data uji coba perseorangan media pembelajaran dilakukan kepada ahli materi dan ahli media. Selanjutnya uji coba kelompok kecil dilakukan dengan mengambil sampel beberapa guru sementara uji kelompok besar dilakukan dengan mengambil sampel siswa kelas VA SDN kasin Malang. Kegiatan validasi media dilakukan di SDN Kasin Malang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data uji coba perseorangan diketahui tingkat kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan sebesar menurut ahli materi ahli media uji kelompok kecil dan uji kelompok besar didapatkan rata-rata persentase sebesar 89 20%. Angka ini pada tabel kriteria kelayakan media sudah memenuhi kriteria valid (layak) dan secara keseluruhan dinyatakan baik serta dapat digunakan dalam pembelajaran. Kelebihan media pembelajaran ini adalah dapat menampilkan materi IPA pokok bahasan susunan bumi kelas V dengan lebih jelas karena disertai gambar dan animasi yang berkaitan tentang materi susunan bumi. Adapun kekurangan media pembelajaran ini adalah hanya bisa dijalankan melalui media komputer maupun laptop dan tidak adanya efek suara berupa narasi. Selain itu media ini hanya bisa digunakan disekolah yang memiliki fasillitas seperangkat keras komputer (hardware) ataupun lab komputer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103755

Actions (login required)

View Item View Item