Penerapan model pembelajaran inside outside circle (IOC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang / Dyah Rismawanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inside outside circle (IOC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang / Dyah Rismawanti

Rismawanti, Dyah (2011) Penerapan model pembelajaran inside outside circle (IOC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Purwantoro 2 Malang / Dyah Rismawanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model IOC aktivitas belajar hasil belajar mata pelajaran PKn Permasalahan yang terkait dengan aktivitas dan hasil belajar terutama pada mata pelajaran PKn terjadi karena beberapa faktor yaitu minimnya komunikasi dengan teman sebaya dan guru serta kurangnya variasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan observasi pendahuluan pada mata pelajaran PKn yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas IV B SDN Purwantoro 2 Malang menunjukkan bahwa aktivitas siswa sangat rendah sedangkan hasil belajarnya yaitu dari 27 siswa yang mendapatkan nilai diatas 70 hanya 12 anak (44 44%) sedangkan yang dibawah KKM sebanyak 15 anak (55 56%). Ketercapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran PKn kurang optimal. Sehingga hasil belajar siswa belum mencapai KKM rata-rata kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup penerapan model IOC yaitu peningkatan aktivitas dan hasil belajar setelah menggunakan model IOC. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV B SDN Purwantoro 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran IOC menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa 48 67% di siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 80 46% dan hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 55 56% pada observasi awal menjadi 68% pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 68 00% menjadi 88 89%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model IOC dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SDN Purwantoro 2 Malang materi pokok Globalisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru menerapkan pembelajaran IOC pada mata pelajaran PKn sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik.s.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103752

Actions (login required)

View Item View Item