Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan mengukur panjang dengan satuan tidak tentu siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Sukma Jati Raras - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan mengukur panjang dengan satuan tidak tentu siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Sukma Jati Raras

Raras, Sukma Jati (2011) Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan mengukur panjang dengan satuan tidak tentu siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Sukma Jati Raras. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Posing Mengukur Panjang Satuan Tidak Tentu Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pelajaran matematika di kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang diketahui bahwa 1) Aktivitas belajar siswa tampak pasif karena pembelajaran masih bersifat teacher center (terpusat pada guru). 2) Guru belum secara optimal menggunakan media pembelajaran 3) Tingkat kemampuan siswa mengukur panjang dengan satuan tidak tentu masih rendah hal ini terbukti berdasarkan pre tes yang diadakan diperoleh hasil rata-rata nilai sebbesar 64.21. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan siswa yaitu dengan menerapkan pendekatan problem posing. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan mengukur panjang dengan satuan tidak tentu bagi siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang 2) Apakah penerapan pendekatan problem posing dapat meningkatkan aktivitas belajar mengukur panjang dengan satuan tidak tentu siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang 3) Apakah penerapan pendekatan problem posing dapat meningkatkan kemampuan mengukur panjang dengan satuan tidak tentu siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang Desain penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan pada setiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) rencana 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 19 siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan pendekatan problem posing diketahui bahwa 1) aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68 86 dan siklus II meningkat menjadi 73 9 dengan prosentase peningkatan 7.3% 2) Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata sebesar 64 37 dan pada siklus II meningkat sebesar 75 12 dengan prosentase peningkatan aktivitas belajar sebesar 16 7 %. Data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan problem posing dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan problem posing dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103751

Actions (login required)

View Item View Item