Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok posisi bulan bagi siswa kelas IV SDN Pisang Candi 2 Malang / Dian Risa Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok posisi bulan bagi siswa kelas IV SDN Pisang Candi 2 Malang / Dian Risa Pratiwi

Pratiwi, Dian Risa (2011) Penerapan model learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok posisi bulan bagi siswa kelas IV SDN Pisang Candi 2 Malang / Dian Risa Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Learning Cycle peningkatan hasil belajar Model Learning Cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang berbasis pada paradigma pembelajaran konstruktivistik. Model Learning Cycle adalah model yang memiliki tahapan pada setiap pembelajaran yang dilakukan. Model Learning Cycle terdiri dari 3 fase yaitu eksplorasi pengenalan konsep dan penerapan konsep. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan model Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok posisi bulan pada siswa kelas IV SDN Pisang Candi 2 Malang 2) Apakah penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA kelas IV SDN Pisang Candi 2 Malang 3) Apakah penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok posisi bulan pada siswa kelas IV SDN Pisang Candi 2 Malang Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan pada setiap siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) rencana 2) tindakan 3) observasi 4) refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Pisang Candi 2 Kecamatan Sukun Kota Malang pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 22 siswa. Berdasarkan analisis data hasil penelitian setelah diterapkan model Learning Cycle diketahui bahwa 1) aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59 8 dan siklus II meningkat menjadi 67 2 dengan persentase peningkatan 12 3% 2) Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata sebesar 88 6 dan pada siklus II meningkat sebesar 89 6 dengan persentase peningkatan aktivitas belajar sebesar 1 1 %. Penggunaan media dalam pembelajaran membuat siswa lebih antusias saat belajar. Selain itu keruntaan langkah pembeajaran dalam Learning Cycle membuat siswa dapat memahami konsep dengan baik. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan penerapan Learning Cycle dapat meningkatakan keaktifan dan hasil belajar siswa SDN Pisang Candi 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103750

Actions (login required)

View Item View Item