Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui media gambar kartun pada siswa kelas-5 MI Darussalam Desa Kepuharjo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Lutfiatul Husna - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui media gambar kartun pada siswa kelas-5 MI Darussalam Desa Kepuharjo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Lutfiatul Husna

Husna, Lutfiatul (2011) Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui media gambar kartun pada siswa kelas-5 MI Darussalam Desa Kepuharjo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Lutfiatul Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal siswa kurang terampil dalam menulis cerita. Diduga cara mengajar guru yang kurang variatif. Selain itu siswa kesulitan (bingung) dalam menentukan ide dan kesulitan dalam mengorganisir cerita dari segi kebahasaan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut maka dipakailah media gambar kartun untuk membantu siswa dalam aktivitas menulis cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan realitas pembelajaran menulis data yang dihasilkan berupa data deskriptif yakni tulisan tentang peningkatan keterampilan menulis cerita melalui media kartun. Peneliti sebagai instrument pokok dengan sasaran penelitian adalah siswa kelas V. Berdasarkan model PTK dimulai dengan perencanaan berupa masalah-masalah di kelas yang meliputi identifikasi masalah analisis masalah perumusan masalah dan perumusan hipotesis tindakan. Setelah itu guru atau peneliti melakukan action (pelaksanaan) observing (pengamatan) serta reflecting (perefleksian) hasil perefleksian ini kemudian dipergunakan untuk memperbaiki perencanaan (revisi plan) berikutnya. Penelitian tindakan ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 2 pertemuan untuk masing-masing siklusnya. Teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dokumentasi dan tes. Instrument penelitian terdiri dari pedoman observasi siswa dan guru pedoman wawancara serta dokumentasi. Keterampilan menulis tersebut terdiri dari pramenulis yaitu kegiatan mengurutkan gambar menentukan judul dan membuat kerangka. Menulis atau pemburaman berupa aktivitas pengedrafan. Perbaikan yakni koreksi terhadap cerita itu sendiri. Penyuntingan berupa kegiatan koreksi terhadap ejaan. Publikasi berupa kegiatan penyampaian hasil cerita atau memajang karya. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan siklus II didapatkan prosentase kenaikan skor siswa pada aktivitas pra menulis sebesar 97% aktivitas pemburaman 93% aktivitas perbaikan 94% aktivitas penyuntingan 94% dan aktivitas publikasi 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lima tahap proses menulis melalui media gambar kartun berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita siswa kelas V MI Darussalam dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kenaikan skor dan nilai yang diperoleh siswa. Pada peneliti selanjutnya kami menyarankan untuk mencoba menggunakan media gambar kartun pada materi maupun mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103749

Actions (login required)

View Item View Item