Penerapan model pembelajaran Addie untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV A SDN Pendem 02 Kecamatan Junrejo Kota Batu / Avis Nurtyaningsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Addie untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV A SDN Pendem 02 Kecamatan Junrejo Kota Batu / Avis Nurtyaningsari

Nurtyaningsari, Avis (2011) Penerapan model pembelajaran Addie untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV A SDN Pendem 02 Kecamatan Junrejo Kota Batu / Avis Nurtyaningsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluatio) aktivitas dan hasil belajar IPS. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan pada guru kelas IV A yang mengajar di SDN Pendem 02 Kota Batu ditemukan bahwa guru masih menggunakan metode konvensional guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja metode ini membentuk siswa menjadi pasif dan sering ijin keluar kelas jika pembelajaran berlangsung. Pada saat proses belajar mengajar siswa tampak bosan dan sering tidak memperhatikan guru dalam mengajar. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa masih rendah dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV A masih ada yang di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) hal ini didasarkan pada hasil ulangan harian pada bab Koperasi pada semester 2 nilai rata-rata kelas IV A menunjukkan nilai yang masih rendah yakni sebesar 58. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tesebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran dengan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini adalah penelitian untuk memecahkan beberapa masalah yang ada dalam kelas yang diteliti dengan memberikan tindakan berupa model pembelajaran ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) yang terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas IV A yang berjumlah 23 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas IV A mengalami peningkatan nilai rata-rata yang cukup baik yaitu pada siklus Isebesar 68 4 pada siklus II meningkat menjadi 86 43. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberi tindakan sebesar 58 pada akhir siklus II meningkat sebesar 80 86. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) pada siklus II meningkat sebesar 80 86. Untuk itu disarankan model pembelajaran ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) digunakan pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103746

Actions (login required)

View Item View Item