Implementasi model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan pembalajaran IPA siswa kelas V SDN Bareng 5 Malang / Luthfi Muthmainah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan pembalajaran IPA siswa kelas V SDN Bareng 5 Malang / Luthfi Muthmainah

Muthmainah, Luthfi (2011) Implementasi model cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan pembalajaran IPA siswa kelas V SDN Bareng 5 Malang / Luthfi Muthmainah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci CIRC Pembelajaran IPA. CIRC ialah model pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok 4-5 orang pada kelas-kelas tinggi mengutamakan kegiatan membaca dan menemukan ide pokok dari suatu wacana/kliping yang berkaitan dengan lingkungan alam. Observasi pada tanggal 24 Februari 2011 jam ke 7-8 matapelajaran IPA kelas V materi pokok Pesawat sederhana fakta di lapangan menunjukkan bahwa guru memulai pelajaran dengan menyuruh siswa membuka buku IPA dan LKS kemudian guru menjelaskan materi dengan mencatat di papan dan bertanya jawab dengan siswa kemudian siswa diminta untuk mengerjakan tugas pada LKS. Pengorganisaian kelas secara klasikal aktivitas siswa selama pembelajaran mencatat penjelasan dari guru beberapa siswa ada yang berbicara dengan temannya bermain HP bermain rubik dan ijin ke kamar mandi. Pada refleksi hasil belajar siswa materi pokok Tanah dan Batuan menunjukkan 11% mendapatkan nilai tuntas berdasarkan KKM yaitu 70 00. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model CIRC (2) aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model CIRC (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan model CIRC. Jenis penelitian yaitu PTK yang tahapannya meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dari 2 siklus masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas V SDN Bareng 5 Malang jumlah 28 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data tentang penerapan model CIRC dan aktivitas siwa diperoleh dengan teknik observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil belajar siswa dikumpulkan dengan memberikan tes pada setiap akhir pertemuan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan lembar observasi kemampuan guru menerapkan model CIRC lembar pengamatan aktivitas siswa dan dokumentasi berupa tes pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penamatan terhadap penerapan model CIRC pada siklus I mendapat penilaian 8 337 dan pada siklus II meningkat menjadi 9 66. Aktivitas siswa pada observasi awal yaitu 6 0045 pada siklus I 7 109 dan pada siklus II 7 288. Sedangkan hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata klasikal pada refleksi awal yaitu 4 45 pada siklus I 6 49 dan pada siklus II 7 51. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model CIRC dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V materi pokok Jenis-jenis Tanah . Bagi guru diharapkan model pembelajaran CIRC ini dijadikan sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Khusus IPA penerapan CIRC perlu adanya improvisasi dengan menambahkan kegiatan bernuansa IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103745

Actions (login required)

View Item View Item