Penerapan pemecahan masalah matematika yang berorientasi pda Polya untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran siswa kelas IV di SDN Sumbersari 06 Kabupaten Blitar / Rurin Usnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pemecahan masalah matematika yang berorientasi pda Polya untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran siswa kelas IV di SDN Sumbersari 06 Kabupaten Blitar / Rurin Usnawati

Usnawati, Rurin (2011) Penerapan pemecahan masalah matematika yang berorientasi pda Polya untuk meningkatkan hasil belajar pengukuran siswa kelas IV di SDN Sumbersari 06 Kabupaten Blitar / Rurin Usnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci matematika pemecahan masalah pengukuran Observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran pemecahan masalah pengukuran di kelas IV SDN Sumberasri 06 Kabupaten Blitar diketahui bahwa dari 9 siswa ada 6 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. 6 siswa belum dapat menentukan pemahaman masalah 6 siswa belum dapat menentukan perencanaan penyelesaian masalah dan hampir seluruh siswa belum melakukan pengecekan jawaban. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan masih terpusat pada guru. Cara guru menyampaikan materi masih monoton yaitu dengan memberikan rumus pengukuran waktu panjang dan berat secara langsung dan meminta siswa untuk menghafalnya. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan pada saat mengerjakan soal-soal evaluasi terutama dalam pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model Pemecahan Masalah. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar pemecahan masalah pengukuran waktu panjang dan berat dengan menggunakan Pemecahan Masalah dalam pembelajaran. Pemecahan Masalah merupakan aktifitas mental yang kompleks dalam menerima dan menyikapi suatu masalah sehingga siswa mampu menyelesaikan masalah dengan menemukan selesaian sendiri dari masalah yang dihadapi. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumberasri 06 yang berjumlah 9 siswa. Data-data dikumpulkan melalui observasi wawancara tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi pedoman wawancara dan soal evaluasi. Penggunaan Pemecahan Masalah dalam pembelajaran dilakukan sesuai dengan 4 tahapan Pemecahan Masalah yaitu pemahaman masalah perencanaan penyelesaian masalah pelaksanaan penyelesaian masalah dan meneliti kembali kebenaran penyelesaian. Dalam pelaksanaannya kemampuan siswa mengalami peningkatan baik pada aspek psikomotor afektif dan kognitif. Peningkatan aspek psikomotor terlihat dari makin terampilnya siswa melakukan pengukuran. Aspek afektif dilihat dari perilaku siswa selama diskusi yang menunjukkan adanya kerjasama dan sikap saling menghargai. Aspek kognitif dilihat dari peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa selama 2 siklus. Rata-rata nilai siswa pada pratindakan adalah 52 78 setelah siklus I rata-rata siswa naik menjadi 64 99 mengalami peningkatan sebesar 12 21 dari silai pratindakan dan pada siklus II rata-rata siswa menjadi 77 03 mengalami peningkatan sebesar 12 04 dari siklus Adanya peningkatan terhadap ketiga aspek tersebut membuktikan bahwa penggunaan pemecahan masalah telah berhasil meningkatkan pemahaman pemecahan masalah pengukuran pada siswa kelas IV SDN Sumberasri 06 Kabupaten Blitar. Dengan hasil yang diperoleh tersebut saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya para guru menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103744

Actions (login required)

View Item View Item