Dewi, Pristi Ika Puspita (2011) Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada siswa kelas IV SDN Tangjungrejo 2 Malang / Pristi Ika Puspita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Perpustakaan Sekolah Menulis Karangan Karangan Sederhana Menulis karangan adalah keterampilan siswa dalam menyampaikan pikiran ide perasaan kemauan maupun gagasan dengan menggunakan bahan tulis berdasarkan tatanan sesuai dengan tahapan tujuan dan aspek yang dapat dibaca dan dimengerti oleh masyarakat pembaca. Karangan sederhana adalah karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami dengan tema yang sederhana misalnya liburan hiburan sahabatku dan lain-lain. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar. Perpustakaan Sekolah adalah suatu tempat yang merupakan bagian dari sekolah yang bersangkutan dan berfungsi sebagai sarana informasi dan pusat ilmu pengetahuan yang menunjang proses pendidikan dalam pembelajaran di sekolah. Dengan tujuan menyediakan koleksi pustaka untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di kelas khususya dalam keterampilan mengarang. Menulis karangan atau mengarang adalah segenap rangkaian kegiatan seseorang mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulisan kepada masyarakat pembaca untuk dipahami (Gie 2002 3). Menurut Maryuni (2006 6) karangan berdasarkan tujuannya dibagi empat jenis yaitu (1) karangan narasi (2) karangan deskripsi/lukisan (3) karangan eksposisi/paparan (4) karangan argumentasi.persuasi. Dalam penelitian ini karangan sederhana yang digunakan oleh peneliti dalam proses pembelajaran adalah karangan narasi. Untuk menunjang proses pembelajaran perpustakaan sekolah dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar. Menurut Mbulu (1992 90) untuk pencapaian perpustakaan seekolah sebagai penunjang dalam proses belajar mengajar perlu dikembangkan (1) kualitas proses belajar mengajar dengan pendekatan peserta didik secara aktif (2) keterlibatan peserta didik secara aktif dalam melakukan eksplorasi terhadap perpustakaan sebagai sumber belajar yang dapat digunakan dan dimanfaaatkan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dan (3) kadar keterlibatan peserta didik dalam memanfaatkan bahan pustaka yang disediakan. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 orang. Lokasi penelitian adalah di SDN Tanjungrejo 02 Kota Malang. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi wawancara dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) aktivitas siswa dalam menulis karangan sederhana melalui pemanfaatan perpustakaan sekolah di kelas IV SDN Tanjungrejo 02 telah dilakukan dengan baik. Pada implementasi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |