Penggunaan media audio visual pada model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Fiky Zuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media audio visual pada model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Fiky Zuliana

Zuliana, Fiky (2011) Penggunaan media audio visual pada model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Bareng 4 Kecamatan Klojen Kota Malang / Fiky Zuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Audio Visual model Student Facilitator And Explaining (SFAE) hasil belajar IPS SD. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan pada guru kelas V yang mengajar di SDN Bareng 4 Malang peneliti mendapat informasi bahwa hasil belajar siswa kelas V masih ada yang di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) dan aktivitas belajar siswa masih relatif rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas V masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saja. Bahkan media pembelajaran di kelas kurang dimanfaatkan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah di atas yaitu dengan menggunakan media audiovisual pada model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE). Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran kooperatif model Student Facilitator And Explaining (SFAE) dengan penggunaan media audiovisual meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan rangcangan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini adalah penelitian untuk memecahkan beberapa masalah yang ada dalam kelas yang diteliti dengan memberikan tindakan berupa penggunaan media audiovisual pada model Student Facilitator And Explaining yang terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas V mengalami peningkatan nilai rata-rata yang cukup baik yaitu pada siklus I sebesar 68 3 % pada siklus II meningkat menjadi 83 9 %. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52 9% pada siklus II meningkat menjadi 86 48%. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual pada model Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada siklus II meningkat sebesar 86 48%.Penggunaan media audiovisual pada model pembelajaran Student Facilitator And Explaining matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SDN Bareng 4 kota Malang dilaksanakan dengan tahap-tahap yang terdiri atas 1) persiapan dan menyimak video tentang proklamasi 2) presentasi guru 3) kegiatan kelompok 4) presentasi kelas 5) pengulasan materi dan 6) evaluasi. Penggunaan media audiovisual pada model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103741

Actions (login required)

View Item View Item