Penggunaan model in other people's shoes Peter McPhail untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung / Eka Yuliana Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model in other people's shoes Peter McPhail untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung / Eka Yuliana Sari

Sari, Eka Yuliana (2011) Penggunaan model in other people's shoes Peter McPhail untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung / Eka Yuliana Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PKn SD Model In Other People s Shoes Peter McPhail Aktivitas dan hasil belajar. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SD adalah mata pelajaran yang memfokuskan pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas terampil dan berkarakter sejalan dengan amanat Pancasila dan UUD 1945 untuk dapat mempertahankan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Didalam penelitian ini penulis menemukan berbagai masalah dengan pembelajaran PKn khususnya dalam penerapan sikap siswa yang memiliki sifat individualis acuh takacuh terhadap lingkungan sekitarnya. Menurut Mulkhan (2001 189-192) In Other People s Shoes Peter McPhail adalah suatu model yang dikembangkan oleh Peter McPhail untuk memelihara kepekaan siswa terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain. In Other People s Shoes diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu (di dalam sepatu-sepatu orang lain) atau bisa diartikan dengan Andai saya dalam posisi orang lain. Model ini dibuat untuk memelihara atau mengetahui kepekaan siswa terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain. Sehingga dapat membantu siswa tau dan mengerti keadaan nyata orang lain. Tahap pertama disebut In Other People s Shoes (di dalam sepatu-sepatu orang lain). Tujuan pokoknya adalah mengembangkan perhatian yang lebih terhadap minat dan perasaan orang lain. Aspek penting dari pendekatan McPhail itu adalah bahwa materi-materi tersebut dikembangkan bersama-sama dengan bantuan peserta didik guna mengenali kunci bagi materi-materi tersebut. Dalam tahap di dalam sepatu-sepatu orang lain dibagi menjadi tiga unit yaitu Kepekaan Konsekuensi Sudut pandang. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mendeskripsikan penggunaan Model In Other People s Shoes Peter McPhail pada siswa kelas IV pelajaaran PKn di SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dengan penggunaan model In Other People s Shoes Peter McPhail dalam pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung (3) Mendiskripsikan hasil belajar siswa dengan penggunaan model In Other People s Shoes Peter McPhail dalam pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung. Data diperoleh dengan menggunakan metode pengamatan langsung wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan model In Other People s Shoes Peter McPhail pedoman wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat ditemukan bahwa pengunaan model In Other People s Shoes Peter McPhail dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pelajaaran PKn di SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat pada siklus 1 nilai rata-ratnya adalah 60 5 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 79 8. Untuk Hasil belajar dari nilai rata-rata yang diperoleh dari pre test pada siklus I meningkat menjadi 68 8 dan pada siklus II meningkat menjadi 86 7 . Guru harus lebih kreatif dalam proses belajar mengajar agar siswa mendapatkan hasil yang lebih bagus lagi. Pengunaan model In Other People s Shoes Peter McPhail akan membantu siswa dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat tercapai. Model In Other People s Shoes ternyata mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari uraian diatas dapatlah dikatakan bahwa terdapat pengaruh positif dalam penggunaan model In Other people s Shoes Peter McPhail . Sebagai saran kepada guru dan sekolah sebaiknya lebih kreatif lagi dalam menggunakan model alternatif yang lain untuk meningkatkan kinerja guru dan keberhasilan kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103740

Actions (login required)

View Item View Item