Pemecahan masalah strategi heuristik I untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Jatimulyo 01 Malang / Luluk Wahyuning Okfitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemecahan masalah strategi heuristik I untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Jatimulyo 01 Malang / Luluk Wahyuning Okfitasari

Okfitasari, Luluk Wahyuning (2011) Pemecahan masalah strategi heuristik I untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV SDN Jatimulyo 01 Malang / Luluk Wahyuning Okfitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatan pemecahan masalah hasil belajar bilangan bulat. Hasil wawancara dengan guru materi pelajaran matematika kelas IV SDN Jatimulyo 01 Kota Malang peneliti menyimpulkan bahwa penguasaan konsep dan hasil belajar siswa terhadap materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat belum maksimal. Konsep yang telah diberikan kepada siswa tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat belum dikuasai secara mendalam. Selain itu guru belum menggunakan pendekatan strategi model dan media pembelajaran yang konkret dan inovatif dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan pendekatan pemecahan masalah strategi heuristik I untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Jatimulyo 01Kota Malang. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) Observasi dan penilaian (4) Refleksi di setiap siklusnya. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) soal-soal tes (2) pedoman observasi dan (3) pedoman wawancara (4) catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan melalui pendekatan pemecahan masalah strategi heuristik I pada kelas IV SDN Jatimulyo 01 Kota Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Selain itu melalui pendekatan pemecahan masalah strategi heuristik I siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga mampu mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 100% dari 16 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pendekatan pemecahan masalah strategi heuristik I dapat mengoptimalkan semua komponen dalam pembelajaran. Dengan pembelajaran melalui pendekatan pemecahan masalah strategi heuristik I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan siklus I ke siklus II sebesar 22 5 meningkat menjadi 63 7 meningkat menjadi 87 9. Persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra tindakan ke siklus I sebesar 41 2 % persentase peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 24 2 %. Aktivitas belajar siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 83 33 % meningkat menjadi 96 66% persentase peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13 33 % dan dalam kegiatan pembelajaran siswa mau mengacungkan tangannya serta bertanya pada guru. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mencari alternatif penyelesaian dari berbagai permasalahan melalui pemecahan masalah strategi heuristik I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103733

Actions (login required)

View Item View Item