Setiawan, Dwi Agus (2011) Peningkatan kemampuan memerankan tokoh drama melalui model cooperative script di kelas V SDN Karangsuko 02 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Dwi Agus Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Cooperative Script Drama. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil wawancara dan observasi awal di SDN Karangsuko 02 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang ditemukan bahwa dalam pembelajaran guru jarang melibatkan keaktifan siswa. Hasil belajar siswa pada semester II rata-rata masih tergolong rendah dan di bawah Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Rata-rata kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada semester II yaitu 61 Penelitian dilakukan untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonsesia Kelas V SDN Karangsuko 02 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran model Cooperative Script (2) mendiskripsikan peningkatan kemampuan memerankan tokoh drama setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Script pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Penelitian dengan menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas V SDN Karangsuko 02 Kecamatan pagelaran Kabupaten Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 64 25% adalah dan hanya 13 siswa saja yang berhasil belajar dengan mencapai angka diatas Standar Ketuntasan Minimal(SKM) sesuai dengan Standart Ketuntasan Minimal (SKM) yang telah ditentukan sedangkan 14 siswa yang lain tidak tuntas belajar (gagal). Ketuntasan klasikal yang diperoleh dari siklus I pertemuan I yaitu sebesar 49%. Sedangkan pada siklus I pertemuan kedua rata-rata kelas 70 18 dan 17 siswa yang tuntas belajar sedangkan sisanya 10 siswa yang lainnya tidak tuntas belajar (gagal) ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I pertemuan kedua sebesar 63. Sedangkan pada Siklus II Pertemuan I rata-rata kelas mengalami sedikit peningkatan yaitu 73 07 terdapat 21 siswa yang tuntas dalam pembelajaran sedangkan sisanya 6 siswa yang lainnya tidak tuntas belajar. Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus II adalah sebesar 77% saja sedangkan pada pertemuan II terdapat peningkatan dalam memerankan tokoh drama yaitu rata-rata kelas mendapatkan nilai 83 70 terdapat 24 siswa yang tuntas belajar sedangkan sisanya 3 siswa yang lainnya tidak tuntas belajar (gagal) ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus II pertemuan kedua 88% Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan memerankan tokoh drama melalui model Coopeartive Script di kelas V SDN Karangsuko 02 Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini diantaranya Guru kelas V pelajaran Bahasa Indonesia disarankan agar dalam proses pembelajaran dapat menerapkan pembelajaran yang dapat mengaktifkkan siswa dalam belajar yang salah satunya adalah CS (Cooperative Script) dan untuk materi pelajaran yang lain untuk meningkatkan aspek afektif kognitif dan psikomotor siswa misalnya dengan membiasakan siswa untuk melakukan presentasi diskusi kelompok dan memberikan tugas-tugas kepada siswa seperti tugas tampil berbicara didepan kelas seperti memerankan tokoh drama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103732 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |