Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menerapkan strategi language experience approach (LEA) pada siswa kelas II SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Almayun Yuli Kurniasih - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menerapkan strategi language experience approach (LEA) pada siswa kelas II SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Almayun Yuli Kurniasih

Kurniasih, Almayun Yuli (2011) Peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan menerapkan strategi language experience approach (LEA) pada siswa kelas II SDN Purwantoro 2 Kota Malang / Almayun Yuli Kurniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi language experience approach (LEA) kemampuan menulis SD Permasalahan yang terkait dengan kemampuan menulis deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya adalah ketidaksesuaian bahan ajar yang digunakan guru ketika proses pembelajaran menulis dan kurangnya variasi strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Keadaan tersebut mengakibatkan turunnya prestasi menulis siswa khususnya kelas II SDN Purwantoro 2 Kota Malang. Oleh sebab itu penelitian ini berusaha memecahkan masalah tersebut dengan menerapkan strategi Language Experience Approach (LEA) pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup penerapan strategi LEA yaitu peningkatan kemampuan menulis setelah menggunakan strategi LEA. Dari pembelajaran tersebut diharapkan akan membentuk sebuah wacana yang sesuai dengan pengalaman berbahasa anak. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun pendekatan penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 31 siswa kelas II A SDN Purwantoro 2 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dengan penerapan strategi pembelajaran LEA menunjukkan bahwa kemampuan menulis deskripsi siswa secara klasikal terjadi peningkatan dari 65 71% pada observasi awal menjadi 76 34% pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 76 34% menjadi 88 98%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi LEA dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas II A SDN Purwantoro 2 Malang materi pokok mendeskripsikan ciri-ciri binatang dengan bahasa tulis. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru menerapkan pembelajaran LEA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga dapat melatih kemampuan menulis deskripsi dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103730

Actions (login required)

View Item View Item