Penggunaan media audio rekaman untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang / Rita Indayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media audio rekaman untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang / Rita Indayati

Indayati, Rita (2011) Penggunaan media audio rekaman untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang / Rita Indayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media audio rekaman menulis puisi kelas V SD Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Bareng 4 Malang pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dan wawancara dengan guru kelas V dapat diketahui beberapa permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia diantaranya media yang digunakan guru kurang menarik siswa. Nilai rata-rata siswa kelas V masih di bawah KKM yaitu 35 5% hal ini di karenakan media yang digunakan oleh guru belum sesuai dengan materi yang diajarkan dan guru saja yang mendominasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan situasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio rekaman dalam pembelajaan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis puisi siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan audio rekaman. Penelitian ini menggunakan model dekriptif kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (pengajar) dan guru kelas (mitra peneliti) sebagai observer. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dilihat dari proses pembelajaran pada pra tindakan tindakan siklus I dan tindakan pada siklus II dengan skor rata-rata kelas sebagai berikut (1) pra tindakan 35 5% dengan 1 orang siswa yang tuntas dan 15 siswa tidak tuntas dengan skor tertinggi 75 dan skor terendah 25 (2) tindakan siklus I pertemuan ke-1 rata-rata 66 8% dengan siswa yang tuntas 5 orang dan yang tidak tuntas 11 orang dengan skor tertinggi 75 dan skor terendah 56 25 (3) tindakan siklus I pertemuan ke-2 rata-rata 68 75% dengan siswa yang tuntas 6 orang dan yang tidak tuntas 10 orang dengan skor tertinggi 75 dan skor terendah 50 (4) tindakan siklus II pertemuan ke-1 rata-rata 72% dengan siswa yang tuntas 10 dan yang tidak tuntas 6 dengan skor tertinggi 75 dan skor terendah 68 75 (5) tindakan siklus II pertemuan ke-2 rata-rata 74 3% dengan siswa yang tuntas 13 dan yang tidak tuntas 3 dengan skor tertinggi 75 dan skor terendah 68 75. Hasil penelitian menunjukkan adannya peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media audio rekaman. Bedasarkan hasil pelaksanaan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio rekaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok menulis puisi bertema pengalaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103729

Actions (login required)

View Item View Item