Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui pemanfaatan media lingkungan sekitar pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang / Nutrin Galuh Ayuwandani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui pemanfaatan media lingkungan sekitar pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang / Nutrin Galuh Ayuwandani

Ayuwandani, Nutrin Galuh (2011) Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui pemanfaatan media lingkungan sekitar pada siswa kelas V SDN Bareng 4 Malang / Nutrin Galuh Ayuwandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Menulis Puisi Media Lingkungan Sekitar Hasil Belajar. Menulis merupakan keterampilan produktif dengan menggunakan tulisan. Menulis dapat dikatakan suatu keterampilan berbahasa yang paling rumit diantara keterampilan berbahasa yang lainnya ini karena menulis bukanlah sekedar menyalin kata-kata dan kalimat-kalimat melainkan juga mengembangkan dan menuangkan pikiran-pikiran dalam suatu struktur tulisan yang teratur. Untuk menarik minat siswa dalam menulis sebuah karya sastra terutama dalam menulis puisi diperlukan suatu upaya yang tepat untuk merangsang dan memancing kreatifitas siswa salah satunya menggunakan media pemanfaatan lingkungan sekitar. Dengan menggunakan media pemanfaatan lingkungan sekitar ini diharapkan lebih mempermudah memperlancar dan membantu dalam penyampaian materi serta sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Karena lingkungan sekitar merupakan segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan hidup manusia yang mepengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Lingkungan yang ada di sekitar anak merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk pencapaian proses dan hasil pendidikan yang berkualitas bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tentang peningkatan pembelajaran menulis puisi melalui pemanfaatan media lingkungan sekitar di kelas V (2) mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis puisi melalui pemanfaatan media lingkungan sekitar pada kelas V SDN Bareng 4 Malang yang mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Yaitu pendekatan yang berorientasi pada proses datanya berupa paparan penelitian sebagai instrument kunci menguji kebenaran hipotesis dan validitas data divertifikasikan dengan trianggulasi. Pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik tes observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik tes untuk mendapatkan data tentang kemampuan atau perolehan belajar siswa pada materi pokok menulis puisi. Teknik observasi digunakan untuk pengamatan langsung dengan melihat dan mengamati sendiri mencatat perlaku dan kejadian yang sebenarnya.Teknik wawancara digunakan untuk memperoleh data pendukung tentang hal-hal yang dialami siswa sebagai latar yang menyebabkan timbulnya kesulitan alam belajar. teknik dokumentasi digunakan digunakan untuk mendokumentasikan peristiwa-peristiwa pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada pelaksanaan pra tindakan masih sangat kurang karena hanya terdapat 3 siswa yang mendapatkan nilai diatas maksimal sedangkan 13 siswa mendapatkan nilai di bawah nilai minimum. Pada pelaksanaan siklus I hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata siswa yang diperoleh mencapai 70 dari 16 siswa ada 10 siswa yang mendapatkan niali di bawah rata-rata dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa masih belum bisa dikategorikan tidak tuntas. Sedangkakan pada pelaksanaan siklus II rata-rata mencapai 75 dan dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Dari 16 siswa hanya ada 3 orang siswa yang berada pada standar nilai minimal yaitu 60-69. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa masih belum bisa dikategorikan tuntas. Hal ini disebabkan karena kesulitan siwa dalam merangkai kata-kata untuk dijadikan sebuah puisi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru diperoleh data tentang kendala-kendala yang dialami siswa dalam proses membuat puisi yaitu (a) siswa sulit untuk memulai menulis sebuah puisi (b) siswamasih kesulitan tentang apa yang harus ditulis (c) siswa SD masih kesulitan untuk memilih kata-kata yang digunakan untuk membuat sebuah puisi (d) siswa hendaknya lebih bersemangat dalam belajar dan lebih giat berlatih dalam membuat puisi. Dari hasil pembelajaran dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pemanfaatan lingkungan sekitar dalam menulis puisi ini imajinasi anak lebih terarah dan lebih menarik minat siswa serta terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelaksanaan tiap siklus. Dalam semua pelaksanaan pembelajaran hendaknya guru tidak segan dalam menggunakan sebuah media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan siswa dalam proses belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103728

Actions (login required)

View Item View Item