Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Dinoyo 2 Kota Malang / Putri Mustikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Dinoyo 2 Kota Malang / Putri Mustikasari

Mustikasari, Putri (2011) Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Dinoyo 2 Kota Malang / Putri Mustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Media pembelajaran CD interaktif hasil belajar IPA SD Media pembelajaran berperan sangat penting dalam proses belajar mengajar. Namun pada kenyataanya masih banyak guru yang masih enggan menggunakan media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan suatu proses pembelajaran. Pada pelajaran IPA kehadiran media sangat diperlukan untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Ada berbagai macam media pembelajaran diantaranya adalah Media pembelajaran CD interaktif. Media pembelajaran CD interaktif dalam penelitian ini bermanfaat dapat menciptakan interaksi antara guru dengan siswa. CD pembelajaran ini didominasi oleh gambar animasi yang memudahkan siswa memahami materi yang sulit khususnya pada mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi dan benda langit. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah Media pembelajaran CD interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Dinoyo 2 Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan dengan desain pretes dan postes. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan memanfaatkan media pembelajaran CD interaktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Dinoyo 2 Kota Malang yang terbagi menjadi 3 kelas dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas IVC sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang diberi perlakuan berupa pemanfaatan media pembelajaran CD interaktif dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan sama sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terjadi peningkatan hasil belajar pada kelas IV C. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran CD interaktif terhadap hasil belajar siswa pada kelas IV C (2) tidak ada peningkatan yang signifikan pada hasil belajar materi kenampakan bumi dan bulan pada kelas IV B sebagai kelas kontrol (3) pemanfaatan media pembelajaran CD interaktif memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yaitu dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen. Disarankan kepada sekolah-sekolah yang mempunyai fasilitas memadai hendaknya dapat memanfaatkan media pembelajaran CD interaktif agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa hendaknya dalam proses belajar mengajar guru memanfaatkan media untuk menunjang proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan bagi penelitin lain hal ini dapat menjadi acuan penelitian lanjutan mengenai CD interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103726

Actions (login required)

View Item View Item