Umami, Riza (2011) Efektivitas penerapan media gambar terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang / Riza Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Efektivitas Penerapana Media Gambar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah membawa banyak perubahan di segala segi kehidupan manusia baik yang berdampak positif maupun negatitif. Pendidikan adalah suatu hal yang harus di dapatkan setiap individu karena dengan pendidikan setiap individu dapat menemukan hal yang baru. Tetapi masalah pendidikan selalu muncul seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan komunikasi yang telah berkembang saat ini. Media gambar merupakan sarana belajar dan sekaligus bagian integral tegnologi pendidikan yang perlu di manfaatkan dan di daya gunakan seoptimal mungkin. Untuk menunjang keefektifitas proses pembelajaran. Media pembelajaran yang di manfaatkan secara optimal dapat membantu guru dalam mengajar serta mengurangi kebosanan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Gambar terhadap Aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Penanggungan Kecamatan Klojen Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan media gambar untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Penanggungan Malang pada materi perkembangan teknologi prosuksi komunikasi dan transportasi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dan kelas IV-B sebagai kelas Eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes pre-test dan post-test. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan uji asumsi yang meliputi uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan uji 2 varian dan uji beda yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang diajar menggunakan media gambar lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai(pretes) kelas yang menggunakan media gambar (eksperimen) 62 95 kelas kontrol 62 22 sedangkan rata-rata nilai postes kelas yang menggunakan media (eksperimen) 75 38 dan kelas kontrol 66 39. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan bagi guru unttuk menggunakan media gambar pada saat proses belajar karena media gambar sebagai alternatif dalam meningkatkan keaktifan siswa di kelas sehingga baik untuk diterapkan oleh guru. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai penerapan media gambar pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/103724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |