Penerapan model quantum writing untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas V SDN Tulusrejo 2 Malang / Wahyu Krismayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model quantum writing untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas V SDN Tulusrejo 2 Malang / Wahyu Krismayanti

Krismayanti, Wahyu (2011) Penerapan model quantum writing untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan deskripsi di kelas V SDN Tulusrejo 2 Malang / Wahyu Krismayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Quantum Writing Menulis Deskripsi Sekolah Dasar Hasil observasi menunjukkan bahwa tingkat menulis deskripsi siswa kelas V SDN Tulusrejo 2 rendah. Kenyataan di lapangan menunjukkan kecenderungan pembelajaran menulis siswa hanya terpaku pada buku contoh dari guru dan permasalahan lainnya siswa diberi kebebasan untuk menulis namun seringkali tidak ditindaklanjuti oleh guru. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi di SD perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang menarik yaitu dengan model Quantum Writing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan model Quantum Writing dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Tulusrejo II (2) Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa Kelas V SDN Tulusrejo II menggunakan model Quantum Writing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model kolaboratif yaitu kerjasama antara peneliti dengan guru kelas peneliti sebagai pengajar dan guru kelas sebagai observer. Subjek penelitian dibatasi pada siswa kelas V SDN Tulusrejo II Malang yang berjumlah 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan penggunaan model Quantum Writing dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa SDN Tulusrejo 2 Malang. Dalam menerapkan model Quantum Writing pada pembelajaran menulis karangan deskripsi terdapat langkah-langkah yang sistematis sehingga siswa menjadi terus termotivasi dalam menulis. Aktivitas belajar siswa dilihat dari prosentase dari siklus I yaitu 61 5% meningkat menjadi 89 7% di siklus II. Hasil belajar siswa yang dapat di tunjukkan dari adanya peningkatan pada pratindakan nilai rata-rata 44 6 meningkat menjadi 61 2 di siklus I dan siklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 79 5 Saran yang dapat disampaikan dari penelitian adalah bahwa pada setiap kesempatan guru sebagai pembelajar hendaknya menyajikan materi yang lebih variatif lagi agar siswa tidak cepat bosan dengan demikian kompetensi siswa dapat meningkat secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103723

Actions (login required)

View Item View Item