Penerapan model pemerolehan konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Purwodadi 1 Malang / Saeful Mizan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pemerolehan konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Purwodadi 1 Malang / Saeful Mizan

Mizan, Saeful (2011) Penerapan model pemerolehan konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN Purwodadi 1 Malang / Saeful Mizan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pemerolehan Konsep Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS. Hasil observasi awal di SDN Purwodadi 1 Malang Kecamatan Blimbing Kota Malang belum pernah menerapkan model pemerolehan konsep dalam pembelajaran IPS. Guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dan siswa pasif selama pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hasil belajar siswa rata-rata masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pratindakan yaitu 65 dan terdapat 20 siswa atau 60%. Berarti sebagian dari jumlah keseluruhan siswa masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Berdasarkan hal tersebut Penerapan model pemerolehan konsep perlu digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran karena siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menerapkan model pemerolehan konsep pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Purwodadi 1 Malang pokok bahasan masalah sosial 2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Purwodadi 1 Malang dengan pembelajaran menerapkan model pemerolehan konsep pokok masalah sosial 3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwodadi 1 Malang dengan pembelajaran menerapkan model pemerolehan konsep pokok masalah sosial. Rancangan penelitian yang digunakan adalah PTK. Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa telah melakukan pembelajaran sesuai dengan model pemerolehan konsep 2) aktivitas belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 60 sedangkan pada silus II meningkat menjadi 76 jadi mengalami peningkatan 48 48% 3) hasil belajar pra tindakan semula 13 siswa (39 39%) yang tuntas menjadi 16 siswa (48 48 %) dan mengalami peningkatan lagi pada siklus II menjadi 29 siswa (87 87 %) Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pemerolehan konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada Kepala Sekolah untuk memberi masukan kepada guru tentang pembelajaran menerapakan model pemerolehan konsep sedangkan bagi guru agar menerapkan model pemerolehan konsep pada mata pelajaran IPS. Pembelajaran ini masih dapat dikembangkan dengan menitik beratkan pada sikap belajar karena dalam penelitian ini masih belum terlihat secara jelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103722

Actions (login required)

View Item View Item