Peningkatan hasil belajar PKn melalui model mencari pasangan (make a match) pada siswa kelas IV SDN Tangkil 02 Kabupaten Blitar / Ida Aris Sofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui model mencari pasangan (make a match) pada siswa kelas IV SDN Tangkil 02 Kabupaten Blitar / Ida Aris Sofiana

Sofiana, Ida Aris (2011) Peningkatan hasil belajar PKn melalui model mencari pasangan (make a match) pada siswa kelas IV SDN Tangkil 02 Kabupaten Blitar / Ida Aris Sofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci hasil belajar make a match PKn. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan siswa agar mereka secara lahir dan batin dapat menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam segala aspek kehidupan. Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran PKn di SDN Tangkil 02 Wlingi Kabupaten Blitar diketahui bahwa pembelajaran PKn di SDN Tangkil 02 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yaitu 70 jumlah keseluruhan siswa 28. Dari hasil pra tindakan menunjukkan bahwa 10 siswa telah tuntas belajar dan 18 siswa belum tuntas belajar. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional yaitu menggunakan metode ceramah siswa bosan pembelajaran kurang bervariasi aktivitas guru lebih dominan daripada siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran make a match (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tangkil 02 Kabupaten Blitar. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pelaksanaan 4 tahap yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi tes dokumentasi wawancara dan catatan lapangan selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran dengan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas IV SDN Tangkil 02 Kabupaten Blitar. Ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar siswa dari jumlah 28 siswa nilai rata-rata kelas pada pra tindakan mencapai 69 5 mencapai 81 25. Jumlah siswa yang mengalami ketuntasan juga meningkat dari pra tindakan siswa yang tuntas 14 anak dengan presentase 50% pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 15 anak dengan presentase 54% sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dengan presentase 86%. Dengan demikian terbukti bahwa pembelajaran PKn menggunakan model make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103721

Actions (login required)

View Item View Item